Menu

YPY Sumbar Bina Anak Yatim jadi Mandiri

  Dibaca : 126 kali
YPY Sumbar Bina Anak Yatim jadi Mandiri
KEGIATAN— Anak-anak yatim binaan YPY Sumbar sedang mengikuti salah satu kegiatan di Masjid Al Muqamah.

OLO, METRO – Setelah sempat dibuka secara resmi oleh Camat Padang Barat beberapa hari lalu, akhirnya sejumlah anak yatim yang dikelola oleh Yayasan Pemberdayaan Yatim (YPY) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar berbagai macam kegiatan.

Menurut Ketua Pembina YPY sekaligus pendiri yayasan, Mardan Mahmuda menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan berbasis masjid. “Dengan dilaksanakan kegiatan di masjid, maka akan timbul rasa cinta mereka ke masjid, karena saat ini banyak generasi muda yang jauh ke masjid,” katanya, Minggu (10/2).

Lebih lanjut ia menambahkan sejak, YPY diluncurkan, masyarakat yang berada di lingkungan RT 03/RT 01, Kelurahan Olo, Kecamatan Padang Barat, sangat mendukung. Tak hanya itu pengurus masjid dan para alumni Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang juga mendukung. Pasalnya kegiatan tersebut memiliki nilai yang postif bagi anak-anak yatim.

“Alhamdulilah dengan adanya YPY, masyarakat, pengurus masjid, dan alumni Fakultas Dakwa Ilmu Komunikasi UIN IB Padang sangat bersyukur. Pasalnya anak-anak mereka terkontrol sehingga terhindar dari hal-hal negatif,” tukasnya.

Mardan menambahkan, para anak yatim yang dibina YPY akan diperdayakan nantinya akan diberikan keterampilan, sehingga menjadi modal yang dapat dijual ketika menamatkan sekolah.

“Kebanyakan anak yatim diberi materi berupa uang, kalau itu dilakukan maka akan habis untuk kebutuhan sehari-hari, karena keperluan anak yatim itu sangat banyak. Tapi kalau kita perdayakan dan diberi keterampilan, maka anak-anak yatim akan menjadi mandiri. Hal inilah yang membedakan YPY dengan yayasan lainnya,” ucapnya.

Tak hanya itu terang Mardan, YPY memiliki empat program unggulan yakninya pemberdayaan spiritual, pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan intelektual dan pemberdayaan sosial. Sementara itu, Ketua YPY Sumbar, Budi Satridi berharap agar anak yatim dapat mengembangkan yang telah didapat di YPY.

Anak-anak yatim yang sedang belajar di Masjid Al Muqamah tampak senang, seperti yang dirasakan oleh Eka Nurhidayah (12 tahun). Menurut siswi kelas enam SD, kegiatan tersebut sangat bermanfaat.

“Saya senang dengan kegiatan ini, karena banyak ilmu yang didapat, selain itu juga dapat banyak teman,” imbuhnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

1 Komentar

  1. Mardan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional