Menu

Yossie Febria, Srikandi Tangguh di Balik Kemudi Trans Padang

  Dibaca : 427 kali
Yossie Febria, Srikandi Tangguh di Balik Kemudi Trans Padang
Terampil dibalik Kemudi— Yossie Febria Erfinda, terampil dan enjoy menjalani prosefinya sebagai pengemudi Trans Padang. Yossie merupakan satu-satunya pengemudi wanita pertama bus Trans Padang.

PROFESI sebagai sopir bus biasanya dilakukan oleh kaum pria. Tapi hal berbeda yang dilakukan Yossie Febria Erfinda. Dia seperti wanita paling tangguh di bus Trans Padang, karena, Yossie merupakan satu-satunya pengemudi atau sopir bus wanita di perusahaan yang kebanyakan berisi pria tersebut.

Ibu dua anak ini terlihat terampil mengendarai bus Trans Padang koridor I (Khatib Sulaiman- Lubuk Buaya- Imam Bonjol). Lekuk tangan dan kakinya nampak selaras dengan laju bus yang dikendarai dengan penuh kehati-hatian menyusuri jalananan utama Kota Padang.

Dijumpai POSMETRO, Selasa (20/4), diakui Yossie, menjalani profesi yang biasanya dijalani kaum laki-laki tentu menjadi tantangan tersendiri baginya. Tidaklah mudah. Apalagi ia harus membawa bus besar.

Yossie mengatakan, berbekal memiliki keahlian dalam mengemudikan kendaraan roda enam dan memiliki syarat yang utama yakni Surat Izin mengemudi (SIM B1 umum), ia memberanikan diri naik kelas dari sebelumnya Pramugara Trans Padang beralih menjadi driver Trans Padang.

“Sebelumnya, saya sudah empat tahun sebagai Pramugara Trans Padang. Dikarenakan saya mempunyai kemampuan membawa mobil dan punya SIM, saya memberanikan diri beralih dari Pramugara ke driver (pengemudi) dengan berbagai tahapan tes yang dilakukan oleh perusahaan,” sebut wanita berjilbab ini.

Wanita yang tinggal di Padang Sarai itu menambahkan, walaupun profesinya jarang dilakukan kaum hawa, namun, dia bangga dengan pekerjaan yang digelutinya saat ini.

“Banyak suka dan duka sih, selama menjadi driver Trans Padang. Penumpang banyak juga yang bertanya-tanya dan heran dan juga banyak yang kagum karena saya jadi sopir,” ujarnya, sambil tersenyum.

Di sisi lain, pada Hari Kartini yang jatuh hari ini, Rabu (21/4), Yossie mengatakan, saat ini wanita telah memiliki emansipasi dapat dilihat sekarang, wanita berprofesi disegala bidang pekerjaan.

Berkomentar tentang profesinya, Yossie juga menyampaikan pesannya kepada para perempuan, agar jangan karena merasa perempuan lalu merasa tidak mampu. Dia mengatakan bahwa perempuan juga bisa mengerjakan apa yang biasanya dikerjakan laki-laki. “Asal ada kemauan, perempuan juga pasti bisa,” kata Yossie, penuh semangat.

“Harapannya semua perempuan supaya menjadi wanita tangguh. Apa yang dikerjakan laki-laki, perempuan juga bisa mengerjakannya. Sekarang, bagi saya yang jadi penyemangat dan motivasi dalam bekerja adalah, berjuang untuk keluarga tercinta, terutama anak-anak tersayang,” sebut wanita yang memiliki senyum manis ini.

Sementara, Direktur Utama Perumda PSM Padang Popy Irawan mengatakan, sebagai perusahaan yang mengelola manajemen Bus Transpadang mengatakan, PSM memberikan kesempatan kesertaan gender baik laki-laki maupun perempuan sama haknya.
“Kita memberikan kesempatan semua gender baik laki-laki dan perempuan. Kita memandang sejauh mana bagaimana pihak-pihak yang bekerja dan terkait di PSM mampu berkontribusi untuk kemanjuan perusahaan terutama dibidang jasa seperti Transpadang,” beber Popy.

Popy Irawan menambahkan, sejauh ini, untuk di sendiri Trans Padang, mempekerjakan wanita sebanyak 70 persen, terutama sebagai pramugara.

“Jadi di bidang transportasi seperti Trans Padang selain memberikan rasa aman dan nyaman juga mengutamakan layanan yang ramah kepada penumpang. Pekerja wanita paling murah senyum makanya itu juga yang menjadi alasan untuk memperkerjakan mayoritas kaum hawa sebagai skuat bus Trans Padang,” tukasnya.

Sementara, Hilman Agustiar yang merupakan rekan seprofesi Yossie mengatakan, Yossie merupakan teman yang baik supel dan ramah dalam murah berkawan. “Dulu Yossie seprofesi sebagai Pramugara, sekarang bisa jadi sopir bus. Saya kagum juga dengan dia, karena bisa berani membawa bus meskipun wanita,” ujar Hilman.

Hal serupa juga disampaikan rekan Yossie di Trans Padang, Beni. Pramugara Trans Padang ini mengaku, kagum dengan keberanian Yossie dalam mengemudikan bus besar. “Kak Yossie itu anaknya berani, ramah dan supel. Jadi tidak heran kalau dia berani bawa bus. Sampai saat ini, baru kak Yossie satu-satunya sopir bus Trans Padang yang perempuan,” sebut Beni. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional