Close

Yayasan AHM Gelar Edukasi di Taman Lalu Lintas Anak Kalihurip

Para Instruktur Safety Riding sedang memberikan materi etika berlalu lintas bagi anak-anak di Taman Lalu Lintas Anak, Kalihurip- Jawa Barat.

 KARAWANG, METRO–Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) me­ngawali penggunaan Ta­man Lalu Lintas Anak (TL­LA) Desa Kalihurip, Jawa Barat dengan mengajarkan anak-anak usia dini me­ngenal lebih jauh tentang keselamatan berkendara di jalan raya.

Edukasi calon generasi penerus bangsa yang dipandu langsung oleh 6 instruktur safety riding Honda.

 TLLA Kalihurip diba­ngun Yayasan AHM pada 2020 yang saat ini tercatat sebagai satu-satunya fasi­litas edukasi keselamatan berkendara yang dimiliki Desa di Indonesia. Sebagai langkah perubahan awal, TLLA Kalihurip dijalankan dengan memberikan materi keselamatan berkendara bagi 15 orang siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Hidayah, Kalihurip, Jawa Barat.

Materi edukasinya disiapkan untuk anak dengan usia rentang 4 – 9 tahun dengan materi pengenalan rambu dan lampu lalu lintas, penggunaan riding gear dengan tepat dan manfaatnya, praktek bersepeda di lintasan atau course dengan memperhatikan rambu dan menyeberang dengan aman.

 Para pengajar di TLLA Kalihurip ini merupakan putra/putri daerah yang memiliki profesi guru PA­UD & SD serta tokoh agama  yang diharapkan da­pat menjadi inspirasi bagi anak didik dan masyarakat setempat. Salah satunya adalah Nani Suryaniyang merupakan instruktur se­kaligus guru Sekolah Dasar Negeri 2 Kalihurip.

 “Kami warga Desa Kalihurip sangat senang de­ngan dibangunnya TLLA yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak dan ma­syarakat di sekitar desa.,” ungkap Nani.

 Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan dukungan pe­nuh terhadap pentingnya keselamatan berkendara menjadi salah satu visi YAHM dan telah dilakukan sepanjang 2  dekade ini.

”Kami ingin memberikan fondasi yang kuat bagi anak-anak usia dini dalam hal keselamatan berkendara. Materi edukasinya disusun dengan cara yang menyenangkan dan berhubungan dangan keseharian anak-anak sehingga mereka dapat mengikuti materinya dengan mu­dah,” ujar Muhib.

 Pada awal tahun ini, para pengajar safety riding TLLA Kalihurip ini telah mendapatkan pelatihan secara daring tentang teori dan dasar keselamatan berkendara.  Mereka diharapkan dapat memberikan pemahaman dan edu­kasi bagi anak di usia dini dengan materi yang mu­dah diterima sesuai de­ngan usia peserta.

TLLA Kalihurip dengan luas 400m2 berdiri di area Kawasan Terpadu Kalihurip Satu Hati tepatnya di Dusun Sasakseng, Desa Kalihurip. Desain dan la­y­out lintasan TLLA dikhususkan bagi anak-anak yang dilengkapi dengan 5 pushbike dan riding gear, areal bermain (playground), ta­man pohon hias & buah  serta tanaman obat keluarga (TOGA) mendukung program POSYANDU. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top