Menu

Yandri DPRD Padang: Sampah itu bisa Bernilai Ekonomis

  Dibaca : 351 kali
Yandri DPRD Padang: Sampah itu bisa Bernilai Ekonomis
Yandri

SAWAHAN, METRO–Ketua Komisi II DPRD Padang Yandri mengatakan opini masyarakat perlu diubah agar mampu mengubah sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi, tidak hanya memberi sanksi pada oknum yang sembarangan buang sampah.

”Opini masyarakat perlu dibalikkan agar sampah bisa menjadi sebuah produk sehingga semua pengangguran terutama anak sekolah yang punya waktu setelah kegiatan rutinnya bisa memanfaatkan sampah untuk pemasukan ekonomi,” ujarnya, Minggu (23/5).

Menurutnya, jika opini masyarakat berhasil dibalik jadi sampah yang sebelumnya dipandang jelek, sekarang dibalik sampah itu menjadi sangat berguna.

Untuk bisa mengolah sampah tersebut menjadi produk tertentu atau turunan-turunan sampah maka diperlukan teknologi yang memadai dan pemerintah diharapkan bisa memfasilitasi itu.

”Pemerintah Kota Padang harus terus mencari fasilitas atau teknologi terapan yang bisa mengolah sampah itu sebagaimana dengan daerah lain untuk bisa jadi produksi yang sangat bermanfaat,” ucap kader PAN ini.

Ia mengatakan, untuk penanganan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Air Dingin sudah pernah diberikan alat untuk menjadikan sampah yang sudah menahun bertumpuk menjadi gas metan untuk kemudian bisa menghasilkan listrik.

Menurutnya, jika alat yang ada sekarang masih belum optimal, perlu ditambah lagi hendaknya bantuan dari pemerintah pusat sehingga benar-benar bisa mengalirkan listrik dari gas metan tersebut.

”Kalau sekarang masih kecil kenapa tidak diperluas, jadi sampah yang bertumpuk bertahun-tahun itu berguna untuk dijadikan gas metan untuk penggunaan aliran listrik minimal disekitar wilayah itu bisa terpenuhi kebutuhan listriknya,” ucapnya.

Ia berharap sampah yang ada di Kota Padang bisa dikelola dengan maksimal nantinya oleh pemerintah maupun masyarakat disamping adanya sanksi yang diterapkan.

”Sampah kita kelola untuk keindahan kota, sampah ini diatur dengan baik, dibuang pada tempatnya, tapi kalau sempat kita mengolahnya juga akan menanggulangi pengangguran dan memberikan pemasukan pada masyarakat,” pungkasnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional