Close

Yamaha Sumbar Berbagi Tips Berkendara saat Hujan

JAS HUJAN-Pengendara sepeda motor menggunakan jas hujan selama berkendara saat hujan untuk menjaga badan tetap hangat dan melindungi tubuh dari air.

PADANG, METRO–Sering diabaikan, ada hal penting yang harus disiapkan sebelum berkendara saat hujan. Berkendara saat hujan ternyata butuh persiapan agar lebih aman dan nyaman.

Hal penting yang harus disiapkan sebelum ber­kendara saat hujan dimulai dari persiapan diri, hingga perlengkapan yang diperlukan.

“Sebaiknya pastikan kondisi tubuh fit sebelum berkendara. Karena kondisi tubuh yang tidak fit akan mempengaruhi fokus dan membuat lebih mudah sakit,” ungkap Ari Ofindra, Staf Promosi Main Dealer Yamaha Sumbar CV Tjahaja Baru.

Selanjutnya, dikatakan Ari, juga disarankan untuk menggunakan jas hujan selama berkendara meng­gunakan motor saat hujan.

“Selain melindungi tubuh dari air, penggunaan jas hujan juga menjaga badan tetap hangat dan membuat barang bawaan terhindar dari air,” ungkapnya.

Yang tidak kalah pentingnya, Ari  juga mewanti agar pengendara motor melakukan penyesuaian gaya berkendara ketika riding di kondisi hujan. Kurangi manuver ekstrem dan juga lakukan pengereman dan buka tutup gas dengan perlahan untuk menghindari hilangnya cengkraman ban ke aspal.

Terakhir, perhatikan kondisi motor yang digunakan. Menurut Ari, pastikan seluruh komponen yang berhubungan dengan keselamatan seperti kondisi ban dan rem bekerja dengan baik di musim hujan.

“Pastikan juga seluruh lampu penerangan ataupun penunjuk di motor berfungsi normal, sebab penglihatan pengendara akan semakin terbatas ketika hujan,” tutupnya. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top