Close

Yamaha Berbagi Tips Mengendarai Motor Jarak Jauh

BERKENDARA AMAN-Contoh berkendara jarak jauh yang aman menggunakan sepeda motor Yamaha.

PADANG, METRO–Bepergian ke tempat wisata menggunakan sepeda motor memang sangat mengasyikkan. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, ada baiknya pengendara motor memperhatikan beberapa hal penting untuk melancarkan perjalanan berkendara jarak jauh.

Tim Promosi Yamaha Tjahaja Baru, Ari mengatakan, ada beberapa tips touring yang bisa traveler perhatikan sebelum mengendarai sepeda motor jarak jauh. Pertama, siapkan fisik yang prima saat akan berkendara.

“Berkendara menggunakan sepeda motor ke tempat yang jauh tentunya membutuhkan fisik yang prima sehingga biker perlu menjaga tubuh agar sehat. Jangan begadang sebelum touring karena tubuh membutuhkan waktu tidur dan istirahat yang cukup sebagai persiapan berkendara,” ungkapnya.

Selain itu, dijelaskan Ari, lakukan olahraga ringan dan pemanasan sebelum touring supaya membantu pelemasan otot-otot tubuh dan membuat tubuh tetap bugar. Selanjutnya, yang paling penting, gunakan safety gear yang tepat dan bersih.

Kemudian, ditambahkan Ari, pengendara harus mengenali rute perjalanan. Agar lebih menikmati saat berwisata naik motor ini, kenali obyek wisata yang akan dikunjungi baik itu tentang sejarah, spot menarik, kondisi sekitar dan lainnya sehingga menambah pengetahuan dan ketertarikan mengenai destinasi tersebut.

Menurut Ari, agar tidak ada kendala saat perjalanan, pengendara harus memahami dan menguasai motor yang digunakan. Persiapkan kondisi motor agar optimal untuk dibawa berkendara jarak jauh dengan melakukan pengecekan atau service di bengkel resmi terlebih dahulu. Lalu pastinya biker harus memahami dan menguasai motor yang digunakan beserta keunggulan yang dapat menunjang kelancaran perjalanan.

“Jika touring dilakukan berhari-hari, luangkan waktu untuk beristirahat dengan menginap di tempat penginapan atau kenalan. Karenanya perlu mengetahui informasi mengenai waktu tempuh perjalanan dan tempat penginapan sehingga bisa mengatur jadwal untuk beristirahat,” katanya.

Tips terakhir, ungkap Ari, bawa bekal dan jaga protokol kesehatan. Ada baiknya juga untuk membawa bekal makanan dan minuman untuk berjaga-jaga di perjalanan jika lapar dan haus. Selain itu perlu mengetahui letak tempat-tempat makan yang bisa disinggahi di perjalanan.

“Pastinya jaga pula protokol kesehatan dengan menggunakan masker, hand sanitizer, atau mencuci tangan dengan sabun dan air bersih,” tutupnya. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top