Menu

Yakesma Sumbar Luncurkan Ambulans Gratis

  Dibaca : 533 kali
Yakesma Sumbar Luncurkan Ambulans Gratis
CEK KESEHATAN— Warga Kota Padang memeriksakan kesehatan, mendapatkan penyuluhan dan deteksi dini penyakit kanker serviks yang digelar Yakesma Sumbar, Minggu (9/2).

Gelar Penyuluhan Kanker Serviks

KURANJI, METRO–Sumatera Barat dengan letak geografisnya berada pada jajaran bukit barisan dan sangat rentan dengan bencana alam. Seperti gempa, tsunami, banjir dan longsor. Begitu besarnya ancaman yang mungkin datang sewaktu-waktu, maka perlu kesiapan semua pihak dengan penyediaaan sarana pendukung penanggulangan bencana, salah satunya adalah armada ambulans.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Yakesma Sumatera Barat, Minggu (9/2) meluncurkan Program Layanan Ambulans Gratis. Mobil ambulans yang merupakan bantuan dari Dana Kebajikan Ummat Pegadaian Syariah itu, selain digunakan untuk kebutuhan penanggulangan bencana, juga untuk melayani masyarakat yang membutuhkan. Seperti layanan antar jemput jenazah dan pasien.

Turut hadir dalam peluncuran dan pemeriksaan keshatan gratis di Masjid Al Ihklas Lolong Karan, Sungai Sapiah, Kuranji itu, Wali Kota Padang yang diwakili oleh Asisten I Edi Hasmi, dari Pegadaian Syariah Nelfa Nurmawi dan perwakilan dari Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Barat.

“Kita dari Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan Yakesma Sumbar ini. Secara tidak langsung Yakesma telah membantu Pemko Padang menjaga kesehatan masyarakat,” kata Edi Hasymi dalam sambutannya.

Pada bagian lain, Fauzan Utama Putra selaku Kadiv Pemberdayaan Yakesma menyampaikan, kepada masyarakatyang membutuhkan dapat menghubungi nomor 082295475085. Karena, ambulans itu langsung diaktifkan dan ada tim yang akan mengelolanya. Selain peluncuran ambulans, Yakesma juga mengadakan layanan kesehatan yang dititikberatkan kepada penyuluhan dan deteksi dini penyakit kanker serviks.

Kepala Cabang Yakesma Sumatera Barat Syafri menyampaikan, penderita kanker di Sumatera Barat cukup tinggi. Seperti dilansir oleh Dinas Kesehatan Sumatera Barat beberapa waktu lalu periode Januari sampai September 2019 terdapat 2.350 kasus. “Kanker serviks dan payudara kasus paling banyak ditemukan. Maka upaya pencegahan dengan melakukan penyuluhan dan pemeriksaan secara rutin adalah suatu tindakan efektif,” katanya.

Di samping pemeriksaan kanker, juga dilakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat dengan mendatangkan petugas medis dari Puskesmas Belimbing dan tenaga Profesi kesehatan Muslim Indonesia (Prokami) Sumbar. Masyarakat tampak antusias mengikuti acara tersebut. Hampir100 warga ikut memeriksakan kesehatannya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional