Menu

Wushu Sumbar Bina 20 Pelatih

  Dibaca : 143 kali
Wushu Sumbar Bina 20 Pelatih
FOTO BERSAMA—Ketua Pengprov Wushu Sumbar Kompol Yanisman bersama pengurus saat bersama Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful di Padang beberapa waktu lalu

PADANG, METRO
Sebanyak 20 orang pelatih, wasit dan juri dari cabang olahraga (Cabor) Wushu bakal mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Pengprov Wushu Sumbar. Pelatihan yang dilaksanakan itu akan berlangsung lima hari lamanya dimulai Kamis (1/4) hingga Senin (5/4) yang mengambil tempat di aula pertemuan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar.

“Pada tahun ini, kami menggelar pelatihan bagi pelatih, wasit dan juri yang diikuti 20 orang peserta dari berbagai Pengcab Wushu kabupaten dan kota di Sumbar. Kegiatan ini sekaligus diharapkan dapat meningkatkan kualitas Cabor ini untuk meraih prestasi,” kata Ketua pelaksana pelatihan, Yuliarti Dewi didampingi Wakil Ketua pelaksana, Roni Kurniawan dan pengurus Pengprov Wushu Sumbar, Novrianto, Rabu (31/3).

Dewi menyebutkan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan berbagai hal yang terkait pelaksanaan pelatihan tersebut, misalnya penyiapan tempat pelatihan, hingga keperluan lainnya yang dibutuhkan untuk pelatihan nanti.

Wakil ketua pelaksana pelatihan, Roni Kurniawan menambahkan hingga Rabu ini sudah 15 orang yang menyatakan ikut serta untuk pelatihan itu. “Dalam pelatihan ini, kami dari Pengprov Wushu Sumbar akan menghadirkan pelatih dari Pengurus Besar (PB) Wushu. Kami berharap materi yang diberikan pelatih dari PB Wushu itu bisa memotivasi para pelatih, wasit dan juri yang ada di Sumbar,” kata Roni.

Dia menerangkan, inti dari pelatihan yang diadakan itu meningkatan kualitas pelatih, wasit dan juri, sehingga dari materi yang mereka dapat nantinya mampu melahirkan bibit-bibit atlet Wushu di daerah masing-masing, dan Sumbar khususnya sehingga mampu meraih prestasi nantinya.

Penjelasan Roni ini dibenarkan pengurus Wushu Sumbar, Novrianto yang menyebutkan, untuk bisa melahirkan atlet Wushu yang berprestasi juga ditentukan dengan kualitas pelatih, wasit dan jurinya.

“Berpikir ke arah itu, makanya kami di Pengprov Wushu Sumbar merasa perlu memberikan peningkatan kapasitas pada pelatih, wasit maupun juri di cabor Wushu ini,” tutur Novrianto.

Dirinya berharap, materi pelatihan yang didapat peserta dalam pelatihan ini bisa menjadi rule model untuk pembinaan bagi atlet Wushu di Sumbar. Apalagi, sambungnya, dalam waktu dekat ini, akan digelarnya Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Wushu di Palembang sekitar Agustus mendatang dan juga Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) pada 2022 nanti.

“Jadi besar harapan saya, dengan pelatihan bagi pelatih, wasit dan juri bagi cabor Wushu, akan jadi titik balik bagi Wushu Sumbar untuk bangkit dan bisa menorehkan prestasi yang mampu mengharumkan nama daerah, dan Sumbar khususnya di kancah nasional,” kata Novrianto. (heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional