Close

Wujudkan Zero Kriminal di Kota Padang, Komut PT Farensa Ardina Abadi Dukung Kapolresta

H. Irmansyah (Komut PT Farensa Ardinas Abadi ).

PADANG, METRO–Baru saja dilaksanakan Palewa Gala Sangsako Adat kepada Kapolresta Padang, Kombes Pol Imran Amir S.IK.MH dengan gelar Da­tuak Rajo Nan Sati dari Suku Tanjuang Kota Padang, Sabtu 18/9 di Gedung Abdullah Ka­mil Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Padang.

Gelar Adat ini diberikan Ketua LKAAM Kota Pa­dang Ir. Syafril Ulbi, Bsc disaksikan Gubernur Sum­bar, Mahyeldi Ansharullah, Wagub Audy Joinaldy, Ke­tua LKAAM Sumbar Dr. Drs. H. M. Sayuti, M.Pd Datuak Rajo Panghulu, Wa­li Kota Padang Hendri Sep­ta. Palewakan gala ini juga dihadiri serta para Datuak se-Kota Padang.

Usai dilakukan prosesi pemberian gala yang di­tan­dai dengan pema­sa­ngan saluak, penyisipan ke­ris dan penyerahan tong­­kat, Kombes Pol Imran Amir menyampaikan uca­pan terimakasihnya atas amanah yang diberikan kepadanya.

“Ini merupakan tugas mulia yang cukup berat, sebab saya adalah anggota kaum umua alum satahun jaguang, darah alum sa­tum­puak pinang, salah jo ga­wa adalah pakaian ma­nusia, namun kami yakin berkat amanah yang dibe­rikan ini kita akan ber­sama-sama menjalani­nya,­” kata Imran.

Dirinya dengan senang hati dan berjanji akan men­ja­lankan kewajiban se­orang ninik mamak yang ber­gelar datuak dalam ke­hi­dupan sehari-harinya.

Salah satu Ninik Ma­mak Melayu Suku Kampai Keca­matan Lubeg Kota Padang, H. Irmansyah (Buyung Aman) yang juga Komi­saris Utama (Komut) Peru­ma­han PT Farensa Ardina Abadi mengatakan, de­ngan telah dilewakan Gala Sangsako Adat Ke­pada Kombes Pol Imran Amir S.IK.MH Datuak Rajo Nan Sati Kapolresta Pa­dang, membuat Kota Pa­dang le­bih maju dan ber­adab.

Karena ia berjalan de­ngan azas Minangkabau yaitu Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah dan jauh dari pada rint­a­ngan. “Harapan kita ke de­pan Kepada Kombes Pol Imran Amir S.IK.MH Da­tuak Rajo Nan Sati Kapol­resta Padang menjadi ninik mamak urang (orang) Su­matera Barat umumnya dan khusus Kota Padang,” harapnya.

“Segala sesuatu yang dikerjakannya, alham­dulil­lah diridhoi Allah SWT. Apa­lagi Kapolresta Padang ada­lah orang Padang. Ka­mi dari PT Farensa Ardina Abadi  mendukung segala kegiatan kapolresta. Se­perti segala kegiatan na­gari yang ada, yakni ran­dai, silek, tari piring dan se­bagainya, yang selama ini mulai berkurang,” tam­bah­nya.

Irmansyah menga­ta­kan, dari segi penyelesaian persolan nagari pusako tinggi, diharapkan harus dilalui oleh penghulu dulu. Hal ini sesuai Surat Edaran Kapolri Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penerapan Keadilan Restoratif (Restorative Justice).

“Mudahmudahan telah dilewakan gala adat kepa­da Kombes Pol Imran Amir S.IK.MH Datuak Rajo Nan Sati bisa membangkitkan  atang tarandam. Selanjut­nya, Kota Padang bisa me­nuju zero kriminal,” harap­nya.

“Kita harus saling men­du­kung, saling mensupport untuk memberantas kri­minal di Kota Padang. Se­hingga Kota Padang makin maju serta kota ini menjadi aman,” harapnya. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top