Menu

Wujudkan Pemerintahan Berbasis Elektronik, Gaet Investasi, Ekonomi Masyarakat Maju

  Dibaca : 102 kali
Wujudkan Pemerintahan Berbasis Elektronik, Gaet Investasi, Ekonomi Masyarakat Maju
PENYERAHAN HADIAH— Wako Genius Umar dan Wawako Mardison Mahyuddin, menyerahkan hadiah kepada Kades berprestasi dalam HUT RI ke 74 (efa nurza/posmetro)

KOMITMEN jajaran Pemko Pariaman di bawah kepemimpinan Walikota Pariaman H Genius Umar dan Mardison Mahyuddin, khususnya dalam mewujud sistim pemerintahan berbasis layanan elektronik atau e-Goverment di kota Tabuik sudah tidak diragukan lagi. Hal itu antara lain terlihat dengan telah disusun dan dibukukannya konsep road map e goverment Kota Pariaman.

“Untuk ke depannya apa yang telah disusun dalam konsep road map e goverment Kota Pariaman tersebut akan segera diperdakan, sehingga nantinya akan ada payung hukum yang jelas untuk itu, seperti halnya lahirnya Perwako atau aturan hukum lainnya,” kata Kadis Kominfo Kota Pariaman, Hendri Chaniago, kemarin.

Katanya, secara umum konsep road map tersebut mencakup beberapa bentuk jenis layanan, seperti halnya goverment to goverment, atau layanan berbasis elektronik antar instansi atau SOPD yang ada di lingkungan Pemko Pariaman. Hal itu antara lain mencakup layanan e budgetting, e-surat elektronik, e-absensi, e-kinerja dan lain sebagainya. Demikian pula tidak tertutup kemungkinan akan adanya layanan surat elektronik antara Pemko Pariaman dengan jajaran pemerintahan kabupaten kota lainnya.

“Jadi untuk semua itu nantinya aplikasinya akan kita siapkan secara khusus, sehingga diharapkan semua bisa berjalan seperti diharapkan untuk kemajuan adaerah dalam memberikan layan publik,” ujarnya.

Begitu pula halnya dengan layanan berbasis elektronik lainnya, seperti e-goverment to bisnis, dengan tujuan utamanya untuk membuka layanan seluas-luasnya bagi masyarakat berkaitan dengan layanan berbasis elektronik. Untuk itu ke depannya juga akan disiapkan layanan sistim informasi pelayanan elektronik sehingga dengan begitu manfaatnya bisa digunakan secara luas oleh masyarakat, termasuk diantaranya untuk menggaet masuknya investasi ke Kota Pariaman.

“Kalau telah demikian tentu kemajuan dalam segala bidang pembangunan terujut, salah satunya kemajuan dalam bidang ke ekonomi masyarakat kita di Kota Pariaman,” ungkapnya.

Demikian pula halnya rencana kehadiran mall pelayanan publik, dan lain sebagainya. Dimana semua itu tentunya tidak terlepas bagaimana memberikan kemudahan bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk bisa mengembangkan usahanya seperti diharapkan.

Atau dalam pengertian lain sebut pria penghobi sepak bola ini, tentunya tidak terlepas untuk memberikan pelayanan berbasis elektronik secara lebih maksimal lagi kepada masyarakat. Sehingga hasilnya diharapkan bisa ikut berdampak positif terhadap peningkatan layanan dan kesejahteraan serta peningkatan ekonomi masyarakat yang ada di Kota Pariaman.

Selain itu sebut Hendri, juga ada jenis layanan berbasis elektronik lainnya berupa e-goverment to sosiality. Dimana sesuai dengan penyebutannya, bentuk layanan ini akan menyentuh langsung dengan berbagai permasalahan sosial yang ada di tengah masyarakat.

Baik itu menyangkut aspek ketertiban dan keamanan, layanan kenyamanan berlalu lintas, maupun terkait langkah-langkah penanganan berbagi bentuk bencana alam lainnya. “Untuk layanan jenis ini misalnya akan dipasang CCTV di sejumlah persimpangan jalan atau lampu merah atau di titik-titik tertentu lainnya. Termasuk diantaranya memasang sejumlah fasilitas berbasis elektronik termasuk CCTV di beberapa titik yang telah ditentukan, yaitu dengan tujuan utamanya sebagai langkah pencegahan dini terhadap kemungkinan dampak bencana gempa atau sunami lainnya,” imbuhnya.

Jadi jelasnya, inilah diantara program besar yang akan diwujudkan oleh pihak Pemko Pariaman ke depannya. Artinya dengan adanya konsep road map e goverment tersebut nantinya akan bisa diketahui kemana arah dan langkah kebijakan Pemko Pariaman ke depan dalam mewujudkan layanan berbasis elektronik atau e goverment di lingkup Kota Pariaman.

“Jadi cakupannya tidak hanya mencakup layanan dinas instansi saja, namun juga bisa lebih luas lagi, yaitu mencakup berbagai aspek layanan yang berhubungan dan kepentingan masyarakat yang ada di Kota Pariaman ini,” terangnya.

Meski demikian pihaknya mengakui, untuk menwujudkan hal tersebut pihaknya dari Dinas Kominfo Pemko Pariaman tentunya perlu melakukan kajian labih jauh lagi, sehingga nantinya bisa ditentukan jenis layanan atau aplikasi apa saja yang paling dibutuhkan untuk itu, tentunya yang berkaitan dengan kepentingan yang berkaitan dengan hajat masyarakat banyak.

Demikian pula halnya untuk mengkaji jenis aplikasi apa saja nantinya yang paling penting dan lebih dibutuhkan oleh masing-masing SOPD yang ada.

Untuk itulah tegasnya, ke depannya jelas sangat diperlukan hadirnya aturan atau payung hukum yang jelas, baik itu berupa Perwako dan lain sebagainya, sehingga dengan begitu layanan yang digunakan bisa memiliki kepastian yang jelas secara hukum.

Hendri juga menambahkan, sesuai dengan arahan atau pidato Presiden RI, Joko Widodo, saat ini pihak pemerintah memang sudah seharusnya bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat, efektif, lebih efisien dan terbuka kepada masyarakat, yaitu dengan menerapkan layanan berbasis digitalisasi.

“Karena seperti diketahui bersama, dengan menerapkan sistim layanan berbasis digitalisasi tentunya akan banyak sekali manfaat atau keuntungan yang bisa diraih. Apakah itu dalam hal peningkatan kinerja aparatur pemerintahan, dari segi efektifitas waktu, sisi efisiensi pelayanan hingga dampak penghematan bahan baku maupun penghematan penggunaan tenaga sumber dana manusia lainnya, “ terangnya.

Dengan alasan lah sebutnya, Walikota Pariaman, Genius Umar dalam hal ini secara tegas sangat berkomitmen untuk bisa mewujudkan layanan berbasis digitalisasi di Kota Pariaman, karena selain bisa memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi masyarakat, juga hasilnya akan bisa berdampak secara langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama seiring masuknya berbagai jenis investasi baru ke Kota Pariaman.

Menurutnya, salah satu bentuk keseriusan Pemko Pariaman antara lain bisa dilihat dari kerjasama yang telah dibangun sebelumnya dengan pihak PT Telkom, demikian pula kerjasama dengan dengan pihak PT. Icom plus, yang nantinya akan menyediakan jasa jaringan internet di Kota Pariaman, bahkan hingga ke tingkat desa dan kelurahan sekalipun.

Pun demikian pula halnya kerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah lainnya, seperti kerjasama yang dijalin Pemko Pariaman dengan Pemko Padangpanjang, Payakumbuh, Batu Sangkar dan Kota Semarang. Begitu pula halnya kerjasama dengan lembaga perbankan lainnya, seperti kerjasama layanan e-bill atau pembayaran pajak dengan pihak Bank Nagari.

Pihaknya menyadari, untuk bisa mewujudkan berbagai hal tersebut tentunya tidak terlepas dari ketersediaan tenaga SDM yang handal dan mumpuni, karena itulah pihaknya sebut Hendri baru-baru ini telah merekrut sebanyak sepuluh tenaga IT yang nantinya akan disebar secara merata ke masing-masing SOPD yang ada.

“Harapan kita ke depan, masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) minimal nantinya harus memiliki satu tenaga IT yang andal, begitu pula halnya dengan kebutuhan dana untuk keperluan operasionalnya, seperti komitmen pimpinan daerah inilah ke depannya yang akan terus dilengkapi secara bertahap, sehingga diharapkan Kota Pariaman bisa menjadi yang terdepan dalam bidang layanan berbasis digitaliasi,” tandasnya mengakhiri. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional