Close

Wujudkan Kota Kecil yang Indah dan Hijau, Pemerintah Pusat Cukup Mendukung Upaya Pemko Solok

KUNJUNGI KEMENTERIAN— Wali Kota Solok Zul Elfian menyerahkan cendera mata serta proposal ketika mengunjungi Kementerian KLH.

Wali Kota Solok Zul El­fian menyampaikan, peran  Camat dan Lurah sangat penting dalam mewujudkan Kota Solok yang ‘Small but Green and Beautiful City’ (Kota Kecil yang Indah dan Hijau).  ”Kita me­ginginkan untuk  wujudkan Kota Solok “Small, Beautiful and Green City”, dan pemerintah pusat sangat mendukung upaya peme­rintah Kota Solok dalam mewujudkannya,” ungkap Walikota Solok Zul Elfian, kemarin.

Untuk itu Camat dan Lurah juga hendaknya ber­gerak dan mensosialisasikan program ini kepada masyarakat. Sebab peran dan prilaku masyarakat juga sangat menentukan terwujudnya program ter­sebut.

Selain itu menurut Zul Elfian, Pemko Solok juga telah berusaha berjuang ke pemerintah pusat dalam mewujudkan keinginan da­lam menata Kota Solok hijau dan indah. Dengan meng­garis bawahi kesesuaian perencanaan dae­rah dengan perencanaan nasional, mulai RKPD dae­rah sampai RKP Nasional.

Sebab melalui pendekatan perencanaan yang memiliki irisan antara pemerintah daerah dan Nasional akan lebih memu­dahkan kota dalam mensi­nergikan perencanaan.

Pada kesempatan itu Zul Elfian juga menyampaikan beberapa proposal peningkatan sarana prasarana, laboratorium dan persampahan kepada Kepala Biro Perencanaan di kementrian KLH.

Wali Kota Solok, Zul Elfian menegaskan, pihak kecamatan dan kelurahan harus membangun komunikasi dan koordinasi de­ngan masyarakat. Jangan sampai muncul persoalan yang tidak diinginkan akibat tidak jalannya komunikasi.

”Berikan pemahaman kepada masyarakat soal kawasan-kawasan yang tidak boleh didirikan ba­ngunan, kalau terlanjur dibangun dan ditertibkan, nanti masyarakat kita juga yang dirugikan,” papar Zul Elfian.

Ditekankanya, aparatur Camat dan Kelurahan merupakan garda terde­pan pemerintah daerah dalam melayani masya­rakat. “Seperti apa kondisi masyarakat, apa keluhan masyarakat tentu aparatur kelurahan dan kecamatan yang lebih mengetahui karena langsung berurusan dengan masyarakat, tetap jalin komunikasi dan koordinasi,” tegas Zul Elfian.

Aparatur Camat dan Kelurahan juga menjadi corong pemerintah daerah dalam menyampaikan berbagai informasi bagi ma­sya­rakat, baik soal pembangunan dan program lainnya.

Karena masih banyak pekerjaan rumah yang mesti di kerjakan untuk mengentaskan angka kemiskinan, menekan pe­nyakit masyarakat dan membangun bidang ke­agamaan di kota Solok, ini tugas kita bersama.

“Saya minta bangunan liar tolong diminimalisir di wilayah masing-masing, mari bersama-sama kita jadikan tata ruang kota Solok indah, small but beautiful,” tegas Zul Elfian.

Dikatakannya, semua pihak harus proaktif dalam mencegah menjamurnya Bangli di kota Solok. Dinas terkait dan pihak kecamatan serta kelurahan harus bisa memberikan pemahaman pada masyarakat.

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani mengatakan, tugas Camat dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan umum, harus melakukan koordinasi de­ngan jajaran instansi di­tingkat kecamatan. Selain itu Camat harus memastikan bahwa jalannya pemerintahan di tingkat kelurahan sesuai dengan tupoksinya.

”Selain itu tugas camat juga untuk mengkoordinasikan jalannya pemba­ngunan dan pemerintahan desa yang dibiayai oleh dana desa demi kemakmuran masyarakat,” ujar Zul Elfian. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top