Close

Wujdukan Tata Kelola Pemerintahan Bersih di Kabupaten Tanah Datar

rut wujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik berkualitas dan terpercaya, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar laksanakan Sosialisasi Implementasi Tanda Tangan Digital dan Sertifikat Elektronik, Senin (6/12) di aula kantor Bupati di Pagaruyung.

TANAHDATAR, METRO–Turut wujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik berkualitas dan terpercaya, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar laksanakan Sosialisasi Implementasi Tanda Tangan Digital dan Sertifikat Elektronik, Senin (6/12) di aula kantor Bupati di Pagaruyung.

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan, pemerintah daerah menyambut baik pelaksanaan sosialisasi dan berharap para peserta mengikuti dengan serius dan sebaik-baiknya.

”Kepada para peserta ikuti sosialisasi ini sebaik-baik­nya, agar dapat mewujudkan tata kelola pemerin­ta­han yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel yang sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Tanah Datar,” katanya.

Ditambahkan Bupati, saat ini kemajuan teknologi semakin berkembang, diharapkan Pemerintah Daerah harus mampu memanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat ataupun dalam dukung birokrasi di perkantoran.

”Sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) mendorong seluruh instansi pemerintah untuk menerapkan layanan pemerintahan dan layanan publik berbasis elektronik,” ujar Eka.

Berawal dari itu, tambah Bupati, Pemerintah Daerah telah mulai mengembangkan tanda tangan elektronik melalui aplikasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik/SIAPE dan Aplikasi Layanan Perizinan Terpadu/SIPINTAR.

”Sertifikat elektronik memiliki kekuatan sama dengan tandatangan digital, mempunyai jaminan keamanan transaksi tidak mudah dimanipulasi, dirusak atau disalahgunakan,” ungkapnya.

Disebutkan Eka lagi, sertifikat elektronik dapat memberikan jaminan otentifikasi data, integritas dan anti penyangkalan. Sedangkan tangan elektronik bermanfaat untuk menghemat waktu, efesiensi, paperles atau minimalisir penggunaan kertas dan mempunyai kepastian hukum.

”Sekali lagi, saya sampaikan terima kasih nara­sum­ber dan Badan Siber dan Sandi Negara yang telah men­dukung penerapan dan penerbitan tandatangan di­gital dan sertifikat elektronik, semoga aplikasi ini bisa di­manfaatkan lebih maksimal lagi,” tukas Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Abrar selaku pantia pelaksana menyampaikan, pelaksanaan sosialisasi selama sehari dihadiri pejabat Administrator dan Wali Nagari se Kabupaten Tanah Datar.

”Sosialisasi ini dilaksanakan agar semua pejabat dan Wali Nagari lebih memahami dan mampu melaksanakan tanda tangan digital ataupun transaksi elektronik dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya,” katanya.

Agar sosialisasi berjalan maksimal, tambah Abrar, sengaja didatangkan narasumber Sofu Risqi Yulian Syaputra dari Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

”Kita berharap dengan menghadirkan narasumber ber­kompeten, para peserta mampu untuk memper­gu­na­kan sistem dan transaksi elektronik dengan baik dan maksimal,” tukasnya.

Kegiatan turut dihadiri Kepala Baperlitbang, Inspektur Kabupaten Tanah Datar, Kepala BKD, dan beberapa OPD, Kepala Bagian di Sekretariat dan undangan lainnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top