Close

WSBK Mandalika Sukses Bangkitkan Ekonomi, Andre Rosiade Usulkan Indonesia Gelar F1 ke Jokowi

SIRKUIT MANDALIKA— Anggota DPR RI Andre Rosiade saat berada di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/11).

ADINEGORO, METRO–Gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika 2021 sukses digelar di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain race yang sukses dan diban­jiri penonton dalam dan luar negeri, secara ekonomi WSBK sukses membangkitkan ekonomi NTB di tengah pandemi Covid-19.

Melihat ciamik besar­nya WSBK itu, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade memberikan ap­resiasi untuk semua pihak yang terlibat dalam pe­nyelenggaraannya. Mulai dari persiapan sirkuit, sam­pai semua hal yang me­mudahkan banyak orang berkunjung ke NTB. Bah­kan, Andre menilai, Man­dalika juga sudah layak menjadi tuan rumah bala­pan jet darat dunia, Formula 1 (F1).

sirkuit Mandalika.

“Semoga rencana Man­dalika jadi tuan rumah Moto GP Maret 2022 juga berjalan lancar, menyusul suksesnya WSBK hari ini. Kami melihat WSBK telah membantu percepatan pe­mulihan ekonomi di NTB. Hotel penuh, wisma penuh dan sampai rumah-rumah penduduk juga dipakai un­tuk tempat istirahat pe­ngunjung. Belum lagi in­dustri wisata lainnya,” kata ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Artinya, sebut Andre, selain menjadikan Jona­than Rea sebagai peme­nang ra­ce Mandalika dan mengan­tarkan Toprak Raz­gatlioglu juara dunia WS­BK, Man­dalika juga menja­di saksi sukses besarnya sebuah acara dunia. Meski harus diakui, masih ada be­berapa kekurangan yang perlu disempurnakan oleh panitia baik lokal ataupun nasional di masa men­da­tang.

“Apalagi kalau sukses menggelar Motor GP Ma­ret 2022 akan semakin me­ngangkat nama Indonesia di mata dunia. Mem­berikan multiplier effect (dampak ekonomi) yang langsung dirasakan warga Lombok dan NTB umumnya. Kare­na itulah, tidak ada salah­nya kami mengusulkan kepada Presiden Joko Wi­dodo (Jokowi) Mandalika menggelar Formula 1 (F1) tahun 2023 atau di awal 2024,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Mi­nang (IKM) ini.

Apalagi, kata Andre, dampaknya secara lang­sung alan diterima Indonesia. Bagaimana uang semakin banyak beredar di Lombok dengan iven yang mendatangkan wisatawan domestik dan inter­nasio­nal. “Peluang F1 ini be­sar,  karena fasilitas sirkuit Mandalika yang sudah se­suai untuk F1. Tinggal di­perbaiki kualitas pene­rangan dan elektroniknya saja,” kata Andre.

Andre Rosiade me­mas­tikan, mengusulkan Man­dalika menggelar F1 bukan untuk gaya-gayaan apalagi membuang-buang uang. Tapi melihat besarnya pe­luang untuk meningkatkan kesejahteraan masya­ra­kat. “Usulan ini tidak mu­luk-muluk dan kami rasa layak untuk dipertim­bang­kan karena akan me­ning­katkan kesejahteraan ma­syarakat. Malaysia dan Singapura saja mampu, pastinya Indonesia lebih mampu,” kata Andre. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top