Close

Workshop untuk Penguatan Kapasitas Penurunan Program Stunting di Padangpariaman 

FOTOBERSAMA—Wabup Padangpariaman Rahmang foto bersama saat sosialisasi stunting.

Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang kemarin, membuka kegiatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pa­dangpariaman menggelar workshop pembinaan kader pembangunan manusia (KPM). “Kegiatan ini sangat berguna dalam bantuan teknis penguatan kapasitas program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Padangpa­riaman,” kata Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang, kemarin.

Katanya, penyelenggaraan intervensi penurunan stunting terintegrasi merupakan tanggung jawab bersama lintas sektor dan bukan tanggung jawab salah satu institusi saja. Untuk itu, diperlukan sebuah lintas sektor.  “Oleh sebab itu penguatan komitmen kebijakan Pemkab Pa­dangpariaman untuk percepatan penurunan stunting, melalui kegiatan pertemuan workshop peningkan kapasitas kader pembangunan ma­nusia (KPM) di Kabupaten Padangpariaman sangat berguna,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman Aspinuddin menyatakan, terlaksananya workshop pe­ningkatan kapasitas kader pembangunan manusia di Kabupaten Padangpariaman dan adanya koordinasi serta komitmen di tingkat kabupa­ten dan kecamatan untuk terselenggaranya integrasi program dari mulai perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan.

Pertemuan ini dihadiri oleh Bapelitbangda, DPMD, Walinagari dan KPM se Kabupaten Padangpariaman. Pertemuan ini merupakan aksi ke-5 dari 8 aksi konvergensi stunting, pembinaan kader KPM ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader dlm melaksanakan tugas dilapangan dan melakukan pemantauan, serta mengumpulkan data di setiap nagari untuk dapat di input di aplikasi e-HD.

Sehingga katanya, data dapat terkumpul dengan baik dan mendapat gambaran ang­ka stunting di Padangpariaman setiap bulannya de­ngan narasumber dalam ke­giatan ini adalah Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang,  Dinas Pemberdayaan Ma­sya­rakat dan DesaNy Retta Tessia dan Dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Ba­rat Nadya Shabrina.

H Aspinuddin berharap seluruh peserta para kader KPM agar dapat menjadi ujung tombak dalam perpanjangan tangan pemerintah Kabupaten Padangpa­riaman dalam melaksanakan aksi konvergensi stunting ini.  “De­ngan dukungan semua pihak stunting di Ka­bupaten Padangpariaman terus turun setiap tahunnya. Apalagi sekarang kita telah melaksanakan workshop untuk pe­nurunan stunting,” tambahnya meng­akhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top