Close

Wisuda Iqra‘ Masjid Nurul Ihsan PBT, Syafrial Kani: UIN harus Menjadi Contoh bagi Umat

PAWAI WISUDA IQRA— Ketua Masjid Nurul Ihsan Padang Baru Timur AKBP Purn H M Yasli bersama seorang wisudawan Tegar Wijna Wira Widhayaka, berfoto saat kegiatan pawai wisuda iqra dan khatam Al Quran, Minggu (6/3).

PADANG BARU, METRO–Sebagai cikal penerus bangsa yang bermartabat bermental Islami, Universitas Islam Negeri (UIN) diharapkan menjadi contoh bagi negeri ini. Sebab diketahui bahwa UIN ada­lah orang-orang yang di­persiapkan untuk mem­bangun mental, berakhlak, pendidikan agama yang mampan. Kelak mereka mereka inilah yang me­ngembangkan ilmu-ilmu yang diperoleh kepada generasi muda.

“Kota Padang saat ini membutuhkan generasi muda Islami yang bisa hafiz quran, berakhlak mulia. Karena kita tahu, kota ini separohnya sudah masuk zona merah dalam kasus narkoba. Ini merupakan ancaman bagi kita,” sebut Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani saat membuka acara wisuda Iqra` dan Khatam Quran Murid MDTA Masjid Nurul Ihsan, Padang Baru Timur, Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Minggu (6/3).

Dikatakan Syafrial Kani, kejadian ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Sasaran para pengendar  itu adalah anak anak kita ini. Untuk itu saya minta UIN menjadi barometer untuk membentuk generasi muda yang mumpuni dalam bidang agama. “Saya yakin anak-anak kita akan terhindar nantinya dari bahaya nakroba, namun dengan catatan keterlibat kita bersama khususnya dari keluarga sendiri,” sebutnya.

Ketua Masjid Nurul Ihsan, AKBP Purn H M Yasli, didampingi Kepala Sekolah MDTA/MDTW Nofrianto, dan Ketua LPM Kompol Heri Satriawan mengatakan, dengan total murid 135 orang, untuk wisuda ke 13 tahun 2022 ini berjumlah lima orang wisuda Iqra‘ dan 17 orang khatam Qur‘an.

“Alhamdulillah pada masa pandemi kita bisa melakukan hajatan besar ini dengan prokes ketat dan perlu diingat keberhasilan pagelaran acara ini berkat kerjasama kita bersama,” sebut H M Yasli.

Ditambahkan Kepala MDTD dan MDTW  Nofrianto, sesuai dengan tema khatam Al Quran dan wisuda Iqra sebut H M Yasli, “Kita wujudkan generasi cinta Al Quran dan rindu ke masjid. Untuk itu kami dari penitia mengharapkan kepada para wisudawan untuk tetap cinta quran, sebab ini adalah kewajiban sebagai orang beriman. Untuk itu teruslah membaca Al Quran, cintai dan selalu ke masjid untuk  beribadah kepada Allah SWT,” sebutnya.

Setelah usai kegiatan di masjid, para peserta wisu­dawan Iqra‘ dan khatam Al Quran mengikuti pawai yang dibuka langsung Ketua DPRD Padang Syafrial Kani. Pawai yang disambut meriah warga Padang Baru Timur itu dimulaid ari Jalan Cisadane, Teuku Umar, Pasa Alai, Rasuna Said, Jalan Tamansiswa dan berakhir di Masjid Nurul Ihsan. (ped)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top