Menu

Wiku Ingatkan, Pasbar dan Solok Masuk Zona Merah

  Dibaca : 99 kali
Wiku Ingatkan, Pasbar dan Solok Masuk Zona Merah
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito. DOK.Gugus Tugas

JAKARTA, METRO–Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito me­ngung­kapkan kabupaten/kota yang berstatus sebagai zona merah atau memiliki risiko tinggi meningkat.

 “Adanya kenaikan jumlah kabupaten/kota berstatus zona merah dikontribusikan oleh 9 kabupaten/kota yang statusnya berpindah ke zona merah,” kata Prof Wiku dalam konferensi pers, Jumat (4/6).

Sembilan kabupaten/kota yang dimaksud mencakup Kabupaten Bengkulu Utara, Kota Solok, Kabupaten Pasaman Barat, Ka­bu­paten Solok, Kota Prabumulih, Kabupaten Dairi, Kota Batam, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Kudus.

“Perpindahan kabupaten/kota ke status lebih buruk menunjukkan bahwa penanganan di wilayah ter­sebut butuh untuk segera diperbaiki,” tambah dia.

Kemudian, lanjut Wiku, status zona oranye juga bertambah dari 302 menjadi 322 kabupaten/kota.

Sementara itu, jumlah kabupaten/kota di zona kuning atau zona risiko rendah menurun dari 194 menjadi 171 kabupaten/kota.

“Ini adalah perkembangan yang tidak diharapkan karena artinya makin banyak kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki risiko penularan sedang dan tinggi,” tutur Wiku.

Dia mengingatkan Satgas Covid-19 di daerah untuk selalu siaga dalam menangani potensi kenaikan kasus Covid-19 pascalibur Idulfitri.

“Saya meminta kepada satgas penanganan covid-19 khususnya di daerah yang memiliki tren peningkatan kasus untuk meningkatkan langkah penanganan yang dilakukan” imbau Prof Wiku. (jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional