Close

Wawako Pariaman Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah

Wali Kota Pariaman H Genius Umar mengajak semua masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayur-sayuran dan tumbuhan kebutuhan rumah tangga.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar mengajak semua masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayur-sayuran dan tumbuhan kebutuhan rumah tangga.

“Semua itu berguna untuk menjadikan upaya pemenuhan kebutuhan keluarga dan jika berlebih bisa dijual dan bernilai ekonomi kepada masyarakat,” kata Walikota Pariaman Genius Umar, kema­rin.

Seperti katanya, yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Toboh Palabah, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, yang diketuai Yusnidar bersama ibu-ibu di desa tersebut.

Ia bersama ibu-ibu di Desa Toboh Palabah, dengan Pj. Kadesnya Indra Syamsu, yang langsung dibina oleh penyuluh dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan melalui UPT. Balai Penyuluhan Pertanian Kota Pariaman yang bergiat untuk menanam tanaman yang menjadi kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti sayuran, cabe, tomat, jahe dan lain sebagainya.

Genius Umar, mendapati laporan dari di­nas terkait, secara spontan langsung me­ninjau lokasi pekarangan rumah Yusnidar, dan langsung memberikan semangat dan apresiasi kepada para ibu-ibu ang­gota KWT tersebut untuk terus bergiat dan mengembangkan jenis tanamannya.

“Saya apresiasi dan mendukung penuh kegiatan ibu-ibu ini, semoga ini menjadi contoh bagi ibu-ibu desa lain untuk bergiat memanfaatkan lokasi pekarangan rumah menjadi lebih produktif dan bernilai ekonomi, sehingga mampu menopang kebutuhan ekonomi keluarga jika belebih,” ujar Genius.

Nanti, sambung Genius, kalau ada butuh bibit-bibit tanaman lainnya, silahkan sampaikan langsung ke penyuluh pertaniannya, agar dibantu fasilitasi bibit yang di inginkan untuk dita­nam.

Wako Genius Umar dan rombongan juga menyempatkan diri memanen sayur kangkung dan tomat, dan langsung dibelinya untuk dibawa pu­lang. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top