Close

Wawako Erwin Yunaz Hadiri Smart Parenting TK IPHI, Anak-Anak Sedari Dini Diajak Gemar Makan Ikan

Wawako Erwin Yunaz Hadiri Smart Parenting TK IPHI.

POLIKO, METRO–Setiap tahunnya pada tanggal 22 Desember selalu diperingati dengan peringatan hari ibu. Peri­ngatan hari ibu banyak dimaknai oleh setiap orangnya dengan menggelar atau melaksanakan suatu hal yang tentunya berkaitan dengan ibu.  Tidak terkecuali bagi yayasan Taman Kanak-Kanak (TK) Jamiatul Hujjaj Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Payakumbuh yang memperingati hari ibu lebih awal. Kali ini, TK IPHI memaknai peringatan hari ibu dengan menghelat Smart Parenting be­rupa lomba masak menu anak dari bahan ikan yang berlangsung di kawasan sekolah IPHI Kota Payakumbuh, Sabtu (4/12). Lom­ba yang bertujuan untuk memperkenalkan dan membudayakan bagi anak-anak kedepannya agar dapat gemar makan ikan itu diikuti oleh para wali murid dari setiap siswa TK IPHI Kota Paya­kumbuh.Kegiatan lomba masak menu ikan itu dihadiri langsung wakil walikota Erwin Yunaz bersama Kabid Paudni Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Syafni Hasni beserta jajaran yayasan IPHI Kota Payakumbuh.

Kepala sekolah TK Ja­miatul Hujjaj IPHI Elidesusni, S. Pd, AUD katakan jika lomba ini digelar juga sekalian untuk mempererat tali silaturahim antara sekolah dan para wali murid siswa. Serta juga untuk meningkatkan lagi wawasan para wali murid dalam menyiapkan dan menyajikan menu dari bahan ikan untuk anak, karna anak-anak sekarang lebih dominan suka makan ayam dan daging daripada ikan dimana hal ini tentu terhadap tumbuh kem­bang sang anak kurang bagus jika mereka daei kecil sudah tidak terbiasa makan dari bahan baku ikan.

Eli mengatakan jika dalam lomba masak menu anak bahan ikan ini telah lebih tercipta masakan sebanyak 60 varian jenis menu masakan yang telah disediakan. Dan olahan makanan ikan tersebut terbagi dalam hidangan kategori pembuka, inti dan penutup. “Kita berharap dengan digelarnya kegiatan ini kedepan akan da­pat membuat para anak-anak di TK IPHI gemar dengan makan ikan, yang juga tentunya hal ini de­ngan bantuan dan doro­ngan dari para wali murid masing-masing,” jelas Eli.

Diawal sambutannya, Wakil Walikota itu langsung memuji atas hasil karya dari para wali murid yang telah semaksimal mungkin untuk berinovasi dan berkreasi dalam mengolah bahan baku ikan tersebut agar menarik bagi anak-anak. “Sung­guh luar biasa, saya tidak menyangka apa yang dihidangkan saat ini semuanya berlangsung dan dilaksanakan di sebuah sekolah anak usia dini, karna hal seperti ini sebelumnya hanya digelar oleh kelompok atau instansi di ranah pemerintahan,” ungkap Erwin Yu­naz dengan sumri­ngah.

Menurut Erwin, kegiatan lomba masak ini me­ru­pakan sebuah energi yang luar biasa, dimana dari kecil anak-anak ini sudah dididik dan diajarkan untuk menjadi sosok yang berkompeten dalam menjalani kehidupannya kedepan. “Dan terkait hidangan yang disuguhkan ini, jika saya disuruh menilai maka saya hanya akan memberikan peni­laian nya dalam dua kategori saja, yakni “lamak dan lamak bana”. Dan saya merasa terkejut saat merasakan hidangan ini, karna setelah saya cicip semua hidangan ini saya merasakan apa yang di­suguhkan ini sudah hampir menyamai rasa yang dibikin oleh para juru ma­sak profesional,” kata Erwin.

Erwin Yunaz turut ucapkan selamat kepada semua yang telah sukses dan berhasil dalam meng­gelar kegiatan lomba ma­sak menu anak bahan ikan itu, inshaaAlloh apa yang kita laksanakan ini kedepannya menjadi amal iba­dah dalam membangun generasi bangsa yang berkompeten, baik secara kemampuan dunia dan tentunya yang utama untuk akhirat,” tuturnya.

Senada dengan Wakil Walikota Erwin Yunaz, Kabid Paudni Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Syafni Hasni turut berikan apresiasi atas apa yang telah dilaksanakan oleh TK IPHI Kota Payakumbuh. Dimana lomba ini sebagai ajang untuk menyosialisasikan pentingnya mengonsumsi ikan. Sebab, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik, terutama bagi tumbuh kem­bang anak-anak. Selain itu, juga mengampanyekan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan).

Menurutnya, pening­katan gizi pada masa tumbuh kembang otak anak pada usia dini menjadi suatu hal yang sangat penting. Dan terhadap tumbuh kembang anak kita ini kedepannya harus dilakukan secara bersama, baik itu dari para wali murid sendiri serta tentunya ditempat anak me­nimba ilmu,” jelas Ani sapaan akrab Kabid tersebut.  “Di usia dini ini kita harus lebih ekstra dan le­bih kuat lagi dalam membentuk dan menempa akan tumbuh kembang sang anak ini, agar kedepannya anak-anak ini tum­buh menjadi anak yang sukses di dunia serta tentunya di akhirat,” terangnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top