Menu

Waspadalah! Uang Palsu Beredar di Sumbar

  Dibaca : 1716 kali
Waspadalah! Uang Palsu Beredar di Sumbar
Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Pasaman Barat (Pasbar) mendistribusikan 10 ekor sapi kurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat dari tanggal 20 sampai tanggal 23 Juli 2021.

Uang Palsu 2
DHARMASRAYA, METRO–Ada-ada saja kelakuan Haryanto (54), warga Jorong Koto Indah, Nagari Koto Salak, Sungai Rumbai, Dharmasraya. Berharap untung dengan membeli uang palsu pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu sebanyak 2 juta seharga Rp800 ribu, Haryanto malah buntung. Dia tertangkap polisi karena tertangkap tangan membeli rokok dengan uang palsu. Senin (21/9), Haryanto mendekam di sel tahanan.

Dijebloskannya Haryanto ke sel tahanan bermula saat dia ditawari uang palsu di Pelabuhan Bakauheni. Dia pulang dari Jawa. Awalnya, Haryanto tak mau. Dia tidak berminat. Namun, sang penjual terus mendesak dan menyebut kalau dengan uang Rp800 ribu, bisa dapat 20 pecahan Rp100 ribu. Akhirnya Haryanto terayu. Dia membeli juga. “Saya dirayu untuk membeli. Awalnya tidak mau,” kata Haryanto.

Setelah dibeli, uang dibawa ke kampungnya, Dharmasraya. Awalnya, Haryanto takut membelanjakan uang palsu, sebab khawatir ketahuan. Namun, setelah membulatkan keberanian, dia lakukan juga. Dibeberapa kedai, dia berhenti membeli rokok dan minuman, dengan uang palsu. Rupanya, tidak ketahuan. Haryanto untung, sebab uang kembaliannya cukup banyak.

Keranjingan, pada Senin, (21/9), Haryanto kembali berniat membelanjakan uang palsu di warung milik Sutimin (45) di Jorong Padang Tangah. Saat membeli rokok, Sutimin curiga melihat uang yang diberikan Haryanto agak pudar. Dia lalu melapor ke suaminya.

Oleh sang suami, temuan itu dilaporkan ke Polsek Koto baru. Tak menunggu lama, polisi bergerak dan menangkap Haryanto. “Pelaku ditangkap tanpa perlawanan. Setelah diperiksa, ternyata benar, uang yang digunakan adalah uang palsu. Pelaku langsung kita amankan,” sebut Kapolsek Koto baru Iptu Suyanto.

Untuk mempertanggungjawbkan perbuatannya saat ini pelaku dan barang bukti berupa 13 lembar uang palsu pecahan 100 ribu, dan dua lembar pecahan lima puluh ribu dan satu unit sepeda motor Supra Fit BA 6241 VI telah diamankan di Mapolsek untuk pengusutan. “Pelaku membeli uang palsu tersebut dari orang yang tidak dikenalnya seharga Rp800 ribu. Sebanyak Rp600 ribu uang palsu berhasil dibelanjakan pelaku,” kata Kapolsek.

Akibat perbuatannya pula, Haryanto terancam lamadi penjara karena melanggar Pasal 245 KUHP karena mengedarkan uang palsu dengan ancaman 15 tahun penjara. (hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional