Menu

Waspadai DAS Batang Kuranji dan Batang Arau

  Dibaca : 121 kali
Waspadai DAS Batang Kuranji dan Batang Arau
DILANTIK— Pengurus Forum DAS Kota Padang dilantik di ruang Abu Bakar Jaar Balai Kota, Rabu (23/1).

AIAPACAH, METRO – Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Padang, Isril Berd mengatakan, DAS Batang Kuranji dan Batang Arau perlu diwaspadai. Kedua sungai ini harus direklamasi cepat agar bisa menggalirkan debit air yang besar dari hulu.

Dikatakan Isril, berdasarkan tinjauan lapangan dari Forum DAS Kota Padang, di hulu DAS Batang Arau sudah dijejali perladangan masyarakat serta eksploitasi alam di kawasan tambang PT Semen Padang.

Akibatnya, kawasan hulu itu tidak mampu lagi menampung debit air hujan yang semakin besar karena sudah rata. Pepohonan penahan air sudah berkurang drastis.

“Begitu juga di DAS Batang Kuranji. Pepohonan di hutan hulu sungai Batang Kuranji sudah tak banyak lagi. Selain itu aktifitas penambangan galian C di sungai semakin menjadi-jadi. Solusinya adalah reklamasi besar-besaran. Baik di hulu sungai atau pun di daerah hilir,” ujar Isril usai dilantik untuk yang kedua kalinya sebagai ketua Forum DAS Kota Padang, Rabu (23/1) di kawasan Aiapacah.

Jika tidak terang Isril, volume curah hujan yang tinggi akan meluber kemana-mana dan menjadi bencana.

“Kedua daerah hulu dan hilir DAS Kuranji dan Batang Arau itu harus segera direklamasi. Kalau tidak sangat membahayakan,” sebut Isril.

Dijelaskan, reklamasi diwujudkan dengan penanaman kembali pohon di daerah hulu. Data Forum DAS, ada 4.000 hektare hutan di daerah hulu perlu dihijaukan kembali. Jika tidak, daerah permukiman masyarakat yang hanya 30 persen dari total luas kota Padang, akan tenggelam dengan air.

“Lahan permukiman cuma 30 persen. Sementara 70 persen lagi hutan. Lokasi permukiman lebih rendah dan di keliling Bukit Barisan. Ketika hujan, air dengan mudah mengepung daerah permukiman karena posisinya yang rendah,” tandas Isril. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional