Menu

Waspada Modus Baru Penukaran Gas Berkeliaran, Banyak IRT Kena Tipu Tukarkan Tabung 3 Kg

  Dibaca : 569 kali
Waspada Modus Baru Penukaran Gas Berkeliaran, Banyak IRT Kena Tipu Tukarkan Tabung 3 Kg
BUKTI PEMBAYARAN — Kuitansi tanda terima bukti gas 3 Kg ke Bright gas 5,5 yang diduga perusahaannya fiktif.

BATANG KABUNG, METRO
Para ibu rumah tangga di Kota Padang diminta waspada terhadap penipuan dengan modus sebagai utusan atau kurir dari sub agen gas elpiji yang ingin menukar tabung elpiji 3 kg dengan tabung bright gas 5,5 kg.

Modusnya, setelah mengambil beberapa tabung gas kosong dari rumah warga, pelaku berjanji akan segera mengantarkan tabung gas baru. Namun, pelaku tak kunjung kembali dan beberapa warga dirugikan oleh aksi modus penipuan tersebut.

Seperti yang dialami  Suryati (50), warga Arang Perahu Ganting, Kelurahan Batang Kabung. IRT ini didatangi seorang pria tak dikenal yang mengaku utusan sub agen gas di Kota Padang. “ Waktu itu saya didatangi orang yang mengaku  salah satu agen distributor gas elpiji.  Dia mengatakan bahwa gas elpiji 3 kg saya harus ditukarkan dengan bright gas 5,5 kg,” sebut Suryati, Selasa (16/3).

Karena tidak curiga, wanita ini pun menukarkan tabung gas melon miliknya. Ia memberikan tabung gas 3 kg tersebut kepada pria yang mengaku agen distributor gas elpiji tersebut.

“Setelah meyakinkan saya bahwa ini memang progam pemerintah, yakni menukar gas 3 kg ke 5,5kg, pelaku juga meninggalkan surat kuitansi tanda terima yang bernama PT Bintang Mandiri Gas yang menerakan nomor telepon pelaku tersebut,” ungkapnya.

Ia menambahkan, namun, selang beberapa jam dihubungi ke nomor handphone yang tertera di kuintansi tanda terima tidak aktif. “Rupaya bukan saya saja yang kena, ada beberapa orang tetangga yang  kena tipu dengan modus seperti itu. Ciri-ciri pelakunya pun sama. Kita berharap agar pihak kepolisian segera menangkap pelaku. Karena telah membuat orang rugi, walaupun hanya tabung gas yang hilang namun, kuat dugaan pelakunya akan menyasar daerah lain di Kota Padang,” tukasnya.

Sementara itu, dikonfirmasi via ponsel Ketua Hiswana Migas Sumbar, Ridwan Hosen mengatakan, sejauh ini Hiswana Migas tidak ada progam seperti itu. ”Masyarakat harus lebih hati-hati dengan modus seperti itu. Perusahaan yang tertera pun tidak jelas. Indikasinya itu penipuan jenis baru. Jadi khusus ibu rumah tangga harus lebih waspada,” kata Ridwan Hosen.

Dihubungi terpisah, Lurah Batang Kabung Ganting, Yose Rizal mengatakan, tidak ada informasi sosialisasi terkait penukaran tabung gas 3 kg  ke tabung bright gas 5,5 kg.

“Informasi modus penipuan seperti ini baru kami terima. Memang ada beberapa warga yang kena. Nanti kita akan laporkan kepada Babinkamtibmas untuk diproses secara hukum. Atau sedang dicari apakah pelaku masih berkeliaran di kelurahan kami,” kata Yose Rizal.

Ia berharap warga agar lebih hati-hati dengan bermacam modus penipuan  maupun  orang yang datang ke rumah.  ”Harus waspada, kapan perlu kita harus jeli menanyakan jangan sampai kita dirugikan,” pungkasnya. (hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional