Menu

Waspada Komplotan Emak-emak Pencuri di Pasar

  Dibaca : 599 kali
Waspada Komplotan Emak-emak Pencuri di Pasar
PENCURI HP— Polisi menangkap dua orang pelaku yang merupakan wanita paruh baya asal Sumut, saat menjalankan aksi pencurian HP di pasar Sungai Tambang, Kamang Baru, Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO
Bagi emak-emak yang hendak pergi ke pasar perlu berhati-hati dalam menjaga harta benda dan barang bawaan agar tidak menjadi korban pencurian atau copet. Seperti kejadian di Pasar Sungai Tambang, Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. Polisi berhasil menangkap komplotan pencuri yang pelakunya juga merupakan emak-emak paruh baya, setelah tertangkap tangan mencuri handphone (HP) pengunjung pasar.

Dengan memanfaatkan situasi pasar yang ramai dan berdesakan menjadi modus bagi pelaku untuk melancarkan aksinya. Parahnya lagi, para pelaku merupakan komplotan spesialis pencuri di pasar yang datang jauh-jauh dari Provinsi Sumut kemudian beraksi disejumlah pasar lintas provinsi, pada Jumat (5/3).

Anggota Polsek Kamang Baru berhasil menangkap dua pelaku diantaranya. Pelaku berinisial DBB alias Butet (52) dan DL alias Lina (53), keduanya beralamat di Panyabungan dan Padang Sidempuan, Provinsi Sumut.

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan dan Kapolsek Kamang Baru Akp Rahmadi melalui Kasubag Humas Akp Nasrul Nurdin mengatakan, pelaku ditangkap setelah tertangkap tangan mencuri handphone pengunjung pasar. “Ada dua laporan disaat yang sama, pertama korban menyadari kehilangan setelah mendengar adanya salah seorang pengunjung yang melaporkan kehilangan handphone lalu memeriksa tas miliknya ternyata barang pelaku juga hilang,” tuturnya.

Disaat bersamaan, lanjutnya, salah seorang pengunjung pasar melihat pelaku sedang mengambil sesuatu dari tas pengunjung pasar lainnya. “Melihat itu, saksi tadi mengatakan kepada korban untuk memeriksa barang bawaan didalam tas, ternyata benar, HP korban sudah tidak ada lagi didalam tas,” jelas Akp Nasrul Nurdin.

Kejadian itupun dilaporkan kepada petugas pasar, kemudian memberitahu Polisi yang sedang patroli di sekitar pasar Sungai Tambang. “Dua orang pelaku diamankan di TKP, dari tangan pelaku kita menemukan tiga unit HP, dua diantaranya milik korban yang TKP nya di Sungai Tambang. Sedangkan satu unit lagi diduga merupakan hasil curian pelaku saat beraksi di daerah Bangko, Provinsi Jambi,” katanya.

Dua pelaku yang merupakan wanita paruh baya itu dibawa ke Polsek Kamang Baru untuk proses lebih lanjut. “Kita curiga kalau mereka ini spesialis komplotan pencuri yang sengaja beraksi di pasar dengan cara berpindah-pindah TKP. Namun pengembangan masih dilakukan, termasuk dengan siapa dan apa tujuan mereka datang jauh-jauh kesini,” tambahnya.

Polres Sijunjung mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati dengan berbagai macam modus tindak kejahatan. “Tingkatkan kewaspadaan, dan jangan memberikan kesempatan kepada para pelaku kejahatan, seperti tidak membawa perhiasan yang berlebihan saat bepergian. Selalu perhatikan barang bawaan, serta memberi kunci pengaman ganda untuk kendaraan bermotor,” imbaunya. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional