Menu

Waspada dengan Obat Herbal yang Diklam Anti Corona, Feri Mulyani: Bisa jadi Itu Mengandung Racun

  Dibaca : 128 kali
Waspada dengan Obat Herbal yang Diklam Anti Corona, Feri Mulyani: Bisa jadi Itu Mengandung Racun
Feri Mulyani, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang

AIAPACAH, METRO
Belum adanya obat yang bisa membunuh virus corona yang telah berjangkit di tubuh manusia ternyata menimbulkan fenomena baru. Masyarakat mulai bereksperimen sendiri dengan obat-obatan tradisional. Bahkan ada yang menyatakan dedaunan bisa menyembuhkan corona.

Salah satunya, daun sungkai yang belakangan viral di masyarakat. Daun itu dikatakan mampu meningkatkan imun sehingga tubuh tidak mampu terserang virus Covid-19. “Saya pernah merasakan badan panas, penciuman hilang, indra perasa tidak sensitif. Saya yakin saya lagi kena Covid-19. Tapi dari pada nanti kena swab pula, bagus saya obati sendiri,” ujar Udin (nama samaran-red) kepada POSMETRO.

Salahsatu cara yang ditempuhnya adalah dengan mengkonsumsi daun sungkai. “Alhamdulillah, sekarang sudah sembuh. Penciuman saya sudah normal lagi dan tidak flu lagi,” tukas Udin.

Pengakuan yang sama juga dilontarkan warga lainnya Ratna. Menurutnya, meminum minyak kayu putih juga bisa terhindari dari serangan virus Covid-19. “Saya pernah minum minyak kayu putih. Saya beli di mini market. Kemudian saya minum sesendok kecil. Anak juga saya kasih. Dan sampai saat ini masih aman-aman saja,” ungkap Ratna dengan penuh percaya diri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani mengatakan, hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan dari penyakit Covid-19. Dia kembali mengingatkan agar masyarakat waspada dan hati-hati dengan obat-obat herbal. Bisa jadi itu racun dan ada dampak negatifnya bagi tubuh. Daun-daunan atau obat herbal itu harus melalui mengujian dulu, baru bisa dilihat kandungannya.

“Kadang mengandung racun. Makanya harus hati-hati. Harus ada penelitian yang jelas dulu soal kandungannya dan takarannya. Jika aman baru bisa diminum,” sebut Feri Mulyani.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak sembarangan meminum atau mengkonsumsi obat-obat tradisional. Karena bisa jadi itu mengandung racun dan berdampak negatif pada tubuh. “Kalau belum ada penelitiannya, dan belum banyak orang meminumnya, lebih baik tidak usah. Karena bisa jadi itu berbahaya. Belum tentu obat-obat tradisional yang dikonsumsi orang lain cocok pula untuk tubuh kita. Karena kondisi tubuh berbeda-beda,” katanya.

Feri Mulyani hanya mengimbau agar masyarakat menjaga imun tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayur alami, minum air putih, vitamin C dan menjaga jarak, pakai masker dan rajin cuci tangan. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional