Menu

Warga Usia 60 Tahun ke Atas bisa Divaksin

  Dibaca : 208 kali
Warga Usia 60 Tahun ke Atas bisa Divaksin
dr Vera Maya Sari

BUKITTINGGI, METRO
Kabar baik datang dari komite penasihat ahli imunisasi nasional. Hal itu menyusul warga yang berusia 60 tahun ke atas dan warga yang pernah positif Covid-19 sudah bisa divaksinasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan, dr Vera Maya Sari, yang jga Plt Direktur RSUD Bukittinggi menjelaskan, sesuai hasil kajian komite penasihat ahli imunisasi nasional, vaksinasi Covid-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas Covid-19 dan Ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesa.

“Untuk kelompok lansia, pemberian vaksinasi pada kelompok usia 60 tahun ke atas diberikan 2 dosis dengan interval pemberian 28 hari,” jelas dr Vera, Kamis (4/3).

Selanjutnya, untuk kelompok komorbid, hipertensi dapat divaksinasi kecuali jika tekanan darahnya di atas 180/110 MmHg dan pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan sebelum meja skrining. Untuk diabetes dapat divaksinasi sepanjang belum ada komplikasi akut dan penyintas kanker dapat tetap diberikan vaksin.

Sementara untuk penyintas Covid-19 atau warga yang pernah terdampak positif Covid-19 dapat divaksinasi jika sudah lebih dari 3 bulan. “Sejak dinyatakan negatif. Ibu menyusui pun juga sudah dapat diberikan vaksinasi,” ungkap Vera.

Untuk itu, kepada warga Bukittinggi dihinbau untuk ikut vaksinasi. Nantinya, vaksin selanjutnya akan diumumkan, karena vaksin dikirim secara bertahap. Untuk tahap kedua sebanyak 527 vaksin itu, akan diperuntukkan pada pelayan publik di Bukittinggi. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional