Menu

Warga Terdampak Corona, Pemko Siapkan Bansos

  Dibaca : 437 kali
Warga Terdampak Corona, Pemko Siapkan Bansos
Warga Terdampak Corona, Pemko Siapkan Bansos

SAWAHLUNTO, METRO
Pemko Sawahlunto melalui Dinas Sosial menyiapkan Bansos terhadap masyarakat yang terdampak langsung oleh covid 19 dan yang terdaftar dalam data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dari Kementerian Sosial yang keluar pada Januari 2020.

Menurut keterangan dari pihak Dinas Sosial Kota Sawahlunto melalui Kabid Sosial Nur Hasnah SH MM mengatakan, data yang termasuk penerima Bansos yang dipersiapkan Pemko ini memiliki kategori tertentu. Bukan, untuk seluruh masyarakat Kota Sawahlunto.

“DTKS merupakan data yang diperoleh dari masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan ditambah dengan masyarakat yang terdampak langsung oleh Corona.

Data tersebut masih diverifikasi dan validasi Dinas Sosial berkerjasama dengan desa dan kelurahan yang harus proaktif mendata kembali masyarakat yang terdampak Covid-19 langsung, sehingga Bansos berupa beras ini yang akan disalurkan per 20 kg untuk satu rumah tangga dapat merata,” ujar Nur Hasnah, Sabtu (11/4).

Nur Hasnah menambahkan, penyerahan Bansos berupa beras 100 ton dari Bulog ini akan segera dilaksanakan, setelah data data penerimanya jelas. Setelah diverifikasi desa dan kelurahan di empat kecamatan yang ada di Kota Sawahlunto. Sebab dari DTKS tersebut terdapat 2675 penerima, namun dari yang 2675 itu bisa saja ada perubahan yang disebabkan oleh misalnya meninggal dunia, pindah alamat dan ditambah yang terdampak Covid-19.

Untuk informasi jelasnya, kapan distribusinya tunggu instruksi pimpinan, yang jelas saat ini dipersiapkan dulu per 20 kg agar, sewaktu waktu diminta untuk didistribusikan ke masyarakat sudah siap.

“Di sini selain ASN dari Dinas Sosial kita juga dibantu pilar pilar sosial termasuk tagana, masyarakat desa/kelurahan, dan pendamping sosial. Kita bekerja 24 jam sejak Bansos Beras Bulog ini tiba Kamis malam (9/4), semua untuk percepatan kegiatan,” kata Nur. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional