Menu

Warga Terdampak Corona Dibantu Ternak Peliharaan

  Dibaca : 105 kali
Warga Terdampak Corona Dibantu Ternak Peliharaan
SERAHKAN HEWAN TERNAK— Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyerahkan ternak peliharaan kambing jawa randu kepada salah seorang warga.

SAWAHLUNTO, METRO
Pemko Sawahlunto melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan menyerahkan bantuan ternak kambing kepada warga Sawahlunto. Wali Kota Sawahlunto Deri Asta yang hadir untuk menyerahkan secara simbolis bantuan ternak kambing tersebut di kantor Camat Lembah Segar menyebutkan, bahwasanya bantuan ternak kambing ini diserahkan untuk membantu warga  Sawahlunto yang saat ini  terkena dampak dari Covid 19.

“Terutama warga yang terdanpak dari sisi ekonomi. Bantuan ternak kambing ini tidak boleh dijual setelah diperoleh oleh warga, harus dikembang biakkan hingga banyak,  setelah menghasilkan baru boleh diperjual belikan,” ujar Deri, Rabu (18/1).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Perternakan Dan Perikanan Lelis Epriyenti menyampaikan, mengenai informasi dari bantuan ternak kambing yang diserahkan. “ Ternak kambing diserahkan untuk 80 KK yang ada di Kota Sawahlunto, Kecamatan Lembah Segar 22 KK,  Kecamatan Silungkang 15 KK,  Kecamatan Barangin 24 KK dan Kecamatan Talawi 19 KK.  Masing masing KK mendapatkan 3 ekor kambing,  satu jantan dan dua betina. Sehingga total ada 240 kambing,” jelas Lelis, kepada 22 KK yang hadir di aula Kecamatan Lembah Segar,

Dia menambahkan, untuk hari ini baru dua kecamatan yang diserahkan secara simbolis ternak kambingnya yaitu Kecamatan Lembah Segar dan Kecamatan Silungkang. Dan untuk Kecamatan Barangin dan Talawi menyusul sebab ternak kambingnya di karantina dulu selama 7 hari sesuai dengan peraturannya.

Sebab ternak kambing tersebut harus menyesuaikan dengan suhu dengan daerah Sawahlunto dan juga untuk melihat apakah ternak kambing tersebut dalam kondisi sehat.  “Ternak kambing yang diserahkan jenis kambing Jawa Randu hasil persilangan kambing jenis PE dan Kambing jenis Kacang. Dengan usia antara satu sampai dua tahun,  tinggi 60-65 cm,” jelas Lelis.  Dia berharap dengan bantuan ternak kambing ini dapat mensejahterakan masyarakat Sawahlunto kedepannya. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional