Close

Warga Telukbayur Adukan Nasib ke DPRD, Lahan di Bukit Peti-Peti Dihibahkan untuk Lantamal II, Aprizayanti: Lahan Dipakai Warga Menanam Cengkeh dan Ladang

ADUKAN NASIB— Perwakilan warga di Kelurahan Teluk Bayur, Senin (27/9) mengadu ke DPRD Padang tentang kepemilikan lahan di Bukit Peti-Peti. Turut hadiri dalam hearing bersama warga Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana, Amril Amin, serta anggota DPRD Kota Padang Boby Rustam, Budi Syahrial, Elly Thrisyanti.

SAWAHAN, METRO–Sejumlah warga di Kelura­han Teluk Bayur, Kota Padang mengadukan nasibnya tentang kepemilikan lahan yang bera­da di Bukit Peti-peti yang bera­da di Teluk Bayur yang akan dikuasai oleh Lantamal II Padang.

Ketua RW 01 Kelurahan Teluk Bayur Aprizayanti menjelaskan,  lahan yang berada di Bukit Peti-peti akan dibuat sertifikat oleh Lantamal karena telah di­hibahkan oleh pemilik la­han yang bernama Mara­tando.

“Bukit Peti-peti diklaim milik Marahtando dan di­hibahkan ke Lantamal II. Lucunya, kami tidak me­ngenal Marahtando hingga saat ini.  Oleh karena itu, Lantamal II sedang meng­upayakan untuk membuat sertifikat dari lahan yang luas nya 6,5 hektare setelah dihi­bahkan oleh Lantamal II,”  ka­ta Aprizayanti, Senin (27/9).

Ia menjelaskan, lahan yang akan dikuasai dan dibuat sertifikat oleh Dan­lantamal II tersebut telah dihuni dan dipergunakan oleh warga sebagai tempat pemukiman dan ladang masyarakat.

“Warga telah mema­nen hasil cengkeh yang ditanam warga di sana. Tanpa sepengetahuan ka­mi telah ada orang yang mengukur lahan dan juga melibatkan personel TNI AL, yang membuat warga ketakukan,” tuturnya.

Ia menambahkan, ke­da­tangannya beserta rom­bongan ke DPRD Padang meminta bantuan DPRD Kota Padang untuk mem­bantu menyelesaikan per­masalahan yang diha­dapi oleh warga di Kelu­rahan Teluk Bayur.

“Kami meminta ban­tuan DPRD untuk memper­juangkan hak kami di Teluk Bayur. Tanpa sepengeta­huan kami, ada orang yang mengaku mempunyai la­han tersebut,” jelasnya.

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani meminta ke­pada warga di Kelurahan Teluk Bayur untuk bisa menghadirkan data pen­dukung serta surat refe­rensi yang menunjukkan objek lahan tersebut milik warga di Kelurahan Teluk Bayur.

“Kita akan carikan solu­si dan akan mendisku­sikan­nya dengan Komisi I DPRD Kota Padang tentang per­masalahan yang dihadapi warga. Oleh karena itu, kita dari DPRD meminta warga menyiapakn bahan pen­dukung serta surat petun­juk yang menyatakan la­han di Bukit Peti-peti ter­sebut milik warga,” tegas­nya.

Turut hadiri dalam hearing Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana, Amril Amin, serta anggota DPRD Kota Padang seperti Boby Rustam, Budi Syah­rial, Elly Thrisyanti dan beberapa anggota DPRD lainnya. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top