Menu

Warga Tanahdatar Terciduk Jual Materai Palsu

  Dibaca : 84 kali
Warga Tanahdatar Terciduk Jual Materai Palsu
MATERAI PALSU— AP (28) ditangkap jajaran Satreskrim Polres Solok Arosuka lantaran kedapatan menjual materai palsu.

SOLOK, METRO–Kedapatan menjual dan mengedarkan materai palsu, salah seorang warga Guguak Malalo, Tanahdatar ditangkap Tim Kara­wai Satreskrim Polres Solok Arosuka di daerah Nagari Koto Laweh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Senin (14/6).

Saat ditangkap, pelaku berinsial AP (28) tak bisa lagi mengelak. Pasalnya, petugas yang meng­gele­dah barang bawaan pelaku, menemukan barang bukti 30 lembaran materai yang belum dipotong dengan jumlah 1.500 materai.

Kasat Reskrim Polres Solok Iptu Rifki Yudha Ersanda menjelaskan, bahwa kejadian itu bermula saat anggota mendapat laporan dari masyarakat kalau ada seseorang yang mena­warkan materai yang di­duga palsu di salah satu warung di daerah Nagari Koto Laweh.

“Karena curiga dengan materai yang dijual pelaku itu palsu, pemilik warung kemudian menyampaikan kepada warga untuk diinformasikan kepada pihak berwajib,” ujar Iptu Rifki.

Ditambahkan Iptu Rifki, petugas pun bergerak cepat dan menangkap pelaku tak berselang lama ketika pelaku dalam perjalanan setelah pemilik warung menyampaikan informasi tersebut kepada petugas.

“Materai tempel palsu yang diedarkan tersebut sebanyak 30 lembar. Terdiri dari materai tempel 20 lembar dengan nilai Rp6.000 diduga palsu sebanyak 1.000 buah dan 10 lembar materai tempel nilai Rp10. 000 palsu sebanyak 500 buah,” ungkap Iptu Rifki.

Iptu Rifki menjelaskan, setelah ditangkap, pihaknya langsung membawa pelaku ke Polres untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Diketahuinya ma­terai yang dijual pelaku itu palsu, lantaran dari ciri fisik yang berbeda dengan yang aslinya.

“Kalau sekilas memang sangat mirip. Setelah di­per­hatikan dan diban­ding­kan dengan yang asli, itu terlihat berbeda. Pelaku saat ini masih kita inte­rogasi lebih lanjut untuk mengungka asal muasal materai tersebut,” pung­kasnya. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional