Close

Warga Solok Diminta Kurangi Penggunaan Plastik

SOLOK, METRO–Persoalan sampah ma­­sih menjadi perhatian se­rius Pemerintah kota (Pem­ko) Solok. Salah sa­tunya, Walikota Solok Zul Elfian meminta masya­rakat un­tuk mengurangi peng­gu­naan kantong plas­tik.

Meski sudah menjadi kebiasaan bagi ma­syara­kat mengunakan kantong plastik dalam berbagai keperluan, setidaknya pe­ma­haman dampak sam­pah plastik tehadap ling­ku­ngan perlu disam­pai­kan kepada masyarakat. “Man­­­faatkan tas belanja pakai ulang untuk mengu­rangi penggunaan sam­pah plas­tik terutama bagi warga saat berbelanja di Pasar Raya,” ajak Zul Elfian.

Sampah plastik me­mang menjadi ancaman serius bagi lingkungan. Jenis sampah ini terbilang banyak ditemui di Kota Solok. Dalam mengatasi­nya juga sulit lantaran merupakan sampah yang susah terurai. Menurut Zul Elfian, dengan membu­dayakan pemanfaatan kan­tong plastik secara pakai ulang akan memperkecil penggunaan kantong plas­tik dan mengurangi sam­pah plastik.

“Diharapkan warga un­tuk tidak membuang sam­pah terutama ber­bahan plastik ke dalam sungai yang ada karena dapat merusak lingku­ngan dan habitat sungai. Mari kita pilah-pilah sam­­pah rumah tangga dan lingkungan, mana yang bisa didaur ulang sebaik­nya kita jadi­kan kompos, sementara sam­pah yang tidak bisa di­daur letakkan di Tempat Pembuangan Sampah (TP­S) yang ada,” ungkap Zul Elfian.

Dalam memelihara ling­kungan dari sampah, Zul Elfian mengingatkan ma­sya­rakat untuk membu­dayakan gotong royong lingkungan pemukiman. Lingkungan yang bersih dan asri mendukung pe­ning­katan derajat kese­hatan.

“Sehat bermula dari kebiasaan kita terutama dalam menjaga pola hidup, pola makan dan kebersihan diri, rumah dan lingkungan pemukiman,” ujar Zul El­fian. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top