Menu

Warga Resah, Pasien Covid 19 Berkeliaran

  Dibaca : 91 kali
Warga Resah, Pasien Covid 19 Berkeliaran
Dr. Yesrita Zedrianis Kadis Kesehatan Tanahdatar

TANAHDATAR, METRO
Warga Tanahdatar yang terjangkit covid 19 telah melampaui angka 100. Masyarakat luhak nan tuo semakin resah dan gundah gulana. Keresahan ini semakin menjadi, dengan beredarnya informasi ada pasien covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri berkeliaran di luar rumah.

Kondisi ini sangat memungkinkan penyakit yang sedang mewabah tersebut akan semakin berkembang di Tanahdatar.

Salah seorang tokoh masyarakat mempertanyakan seperti apa SOP penanganan isolasi mandiri bagi pasien covid19, serta pengawasannya, sehingga pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri tersebut bisa berkeliaran di luar rumah. Menyikapi hal itu, Sekda Tanahdatar Irwandi mengatakan akan segera menindak lanjutinya dengan instansi terkait.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tanahdatar Yesrita Zedrianis menyebutkan, pasien positif covid 19 harus disiplin, jangan keluar rumah, di rumah pun di larang berbaur dengan keluarga.

Dikatakan, obat untuk pasien ini diberikan secara cuma-cuma oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas, obat harus diambil dan dijemput oleh keluarga pasien atau diantar oleh petugas Puskesmas dan sekali dalam seminggu wajib tes swab ulang.

“Bila ada pasien positif covid 19 ke luar rumah, Dinas Kesehatan berharap masyarakat bisa memantau dan mengawasinya serta memberitahukan ke Dinas Kesehatan atau Puskesmas terdekat,” jelasnya.

Dinas Kesehatan mengakui tidak punya cukup dana untuk memenuhi kebutuhan harian pasien tersebut. Peran serta keluarga, kepedulian masyarakat serta Donatur sangat diperlukan.

“Pemerintah Daerah maupun Dinas Kesehatan tak punya dana untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang terserang covid 19,” katanya.

Ia juga menyebutkan, saat ini tempat untuk mengkarantina pasien positif covid19 sedang penuh.Berkemungkinan mereka keluar rumah untuk melakukan tes swab ulang. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional