Menu

Warga Padang Diminta Siapkan Masker

  Dibaca : 1110 kali
Warga Padang Diminta Siapkan Masker
Masker dijual - web

Seorang penjual masker di sebuah apotek di Kota Padang.

AIAPACAH, METRO–Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Padang  melansir, kondisi udara Kota Padang cenderung baik setelah disiram hujan. Namun kondisi ini dinilai masih belum stabil.

Kepala Bapedalda Edy Hasymi menyebutkan, selama sumber asap masih ada, maka potensi udara Kota Padang kembali kotor sangat besar. Apalagi dipicu angin dari daerah sumber asap. Tentu semakin mempercepat asap itu menyebar ke langit Kota Padang.

”Sekarang udara sudah cukup baik. Tapi belum tentu besok atau besok lusa. Kondisinya bisa berubah, tergantung sumber asap,” terang Edi.

Saat ini, Bapedalda belum mengambil sampel terbaru untuk mengukur kadar debu dalam udara Kota Padang. Pengukuran baru dilakukan ketika udara terlihat berdebu dan kotor. ”Biasanya kita baru uji sampel kalau udara dalam kondisi tidak bagus. Kalau sekarang kan sudah lumayan. Bukit sudah mulai kelihatan. Jarak pandang  juga sudah semakin jauh,” urainya.

Namun dalam kondisi sekarang, kata dia, kadar debu dalam udara kota Padang diprediksinya 45-50 Ug/M3 atau dalam posisi aman. Diuraikannya, untuk  0-50 Ug/M3 berada pada posisi baik, 51-150 Ug/M3 berada pada status sedang, kadar udara  150-350 Ug/M3 berada pada status tidak sehat, posisi 351-420 Ug/M3 dikategorikan pada posisi sangat tidak sehat dan untuk angka 420 Ug/M3 berstatus berbahaya.

Karena masih belum stabil, ia menghimbau agar masyarakat Kota Padang tetap menyediakan masker. Karena bisa jadi, pada pagi hari udara bagus, namun pada siangnya sudah berobah menjadi tidak sehat karena asap kiriman dari daerah sumber. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional