Menu

Warga Kamek Kurbankan 429 Ekor Hewan

  Dibaca : 105 kali
Warga Kamek Kurbankan 429 Ekor Hewan
SEMBELIH— Masyarakat Kecamatan Kamang Magek sembelih 429 ekor hewan kurban pada hari Raya Idul Adha 1441 H.

AGAM, METRO
Masyarakat Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam melakukan menyembelih 429 ekor hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1441 H. Camat Kamang Magek, Rio Eka Putra, Jumat (31/7) menyebutkan, jumlah hewan itu tersebar di seluruh nagari di Kamang Magek, yang pelaksanaan penyembelihannya dilakukan hari ini, Sabtu (1/8).

“Sebagian besar masyarakat memilih besok untuk menyembelih hewan kurban, karena hari ini waktunya singkat yang bertepatan hari Jumat,” ujar Rio Eka Putra.

Menurutnya, jumlah hewan kurban tahun ini berkurang dibandingkan tahun lalu yang mencapai 515 ekor, terdiri dari 512 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Sedangkan tahun ini hanya 429 ekor, terdiri dari 420 ekor sapi dan 9 ekor kambing.

Ia merincikan, hewan kurban di Nagari Kamang Mudiak sebanyak 228 ekor sapi dan 7 ekor kambing, Nagari Kamang Hilia 98 ekor sapi dan 2 ekor kambing serta Nagari Magek 94 ekor sapi.

“Ternak yang akan disembelih ini sudah dicek oleh petugas pengawas dan kesehatan hewan kurban,” tukas Rio Eka Putra.

Pengecekan ini, kata Rio, dilakukan untuk menjamin keamanan dan kelayakan daging qurban yang akan dikonsumsi masyarakat, serta memenuhi syarat sesuai syariat Islam.

“Pelaksanaan qurban hari ini, kita tetap memperhatikan protokol kesehatan, dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” sebutnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional