Close

Warga Jorong Baringin Resah, Jejak Telapak Inyiak Balang Terlihat di Perkebunan

JEJAK KAKI— Petugas BKSDA SKW Sijunjung mendatangi lokasi dan menunjuk jejak telapak kaki inyiak balang di Jorong Baringin, Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.

SOLOK, METRO–Masyarakat Jorong Baringin, Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok kembali resah dengan ditemukan jejak telapak kaki Harimau alias Inyiak di perkebunan masyarakat setempat. Jejak telapak kaki harimau itu ditemukan di dua lokasi berbeda di kawasan Rimbo Mudik Aia.

Jejak telapak kaki Harimau itu ma­sih terlihat jelas di tanah per­kebunan milik masyarakat. Di­khawatirkan,  kuat dugaan binatang buas itu masih berkeliaran tidak jauh dari lokasi masyarakat berladang. Karena khawatir membahayakan ma­syarakat setempat, petugas kepolisian bersama petugas BKSDA SKW Sijunjung mendatangi lokasi.

Sebelumnya dua hari lalu masyarakat sekitar juga melaporkan melihat dua ekor Harimau berkeliaran disekitar perladangan masyarakat.

 Kepala PEH SKW III Sijunjung, Agus Suparto mengatakan, memang ditemukan jejak telapak kaki Harimau disekitar kawasan rimbo Mudiak Aie. Jejak telapak kaki Harimau terlihat di dua lokasi perladangan masyarakat dengan kisaran kaki 20 x 20 cm dan 14 x 14 cm.

Di sekitar penemuan jejak kaki harimau tersebut merupakan kawasan perladangan ma­syarakat. Ada sekitar 100 Kepala Keluarga yang berladang di daerah tersebut.

Atas temuan tersebut team dari BKSDA dibawah pimpinan Agus Suparto, itu akan melaporkan hasil temuan tersebut ke BKSDA provinsi.  “Tujuannya guna mencari cara penanggulangan apakah dengan letusan bunyi bunyian untuk menghalau binatang buas itu kedalam hutan atau dengan membuat perangkap,” ujarnya.

Agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan petugas memberikan himbau­an kepada warga yang berladang agar lebih berhati hati dalam beraktifitas sewaktu berladang. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top