Menu

Warga Ikuti Goro Mairik Tonggak Macu Rumah Ibadah 

  Dibaca : 87 kali
Warga Ikuti Goro Mairik Tonggak Macu Rumah Ibadah 
MAIRIK— Puluhan warga sedang mairik tonggak macu rumah ibadah.

PADANGPARIAMAN, METRO
Hingga kini tradisi mairik tonggak macu  untuk tonggak rumah ibadah  masih dilestari masyarakat Kecamatan  VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padangpariaman.

Surau Manggih di Korong Cimpua Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak itu masih melaksanakan tradisi mairik tonggak macu (tonggak utama Mesjid).

A. Dt. Alat Cumano salah seorang penghulu Nagari Sungai Sariak mengatakan ditengah kemajuan zaman dan perkembangan metode struktur konstruksi maupun arsitektur bangunan, masyarakat Sungai Sariak masih percaya bahwa tonggak macu harus dipilih dengan berbagai ritual serta harus ditarik dengan bergotong-royong.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua KAN Nagari Sungai Sariak A. Dt. Rangkayo Pandak  didampingi Anton Wira Tanjung sebagai tokoh pemuda Sungai Sariak. Semangat goro harus dilestarikan karena surau atau mesjid adalah tanggung jawab bersama dalam membangunkannya maupun memakmurkannya.

Sementara itu Wali Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak Agus Salim Rasyid bersyukur dengan ramainya peserta yang hampir mencapai seribuan. “Diharap tradisi ini berlangsung sampai dunia kiamat. Sehingga tradisi turun temurun ini berlanjut sampai ke anak cucu,” tandasnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional