Menu

Warga Diminta Waspadai La Nina, Hujan Lebat, Angin Kencang Pemicu Banjir dan Longsor

  Dibaca : 110 kali
Warga Diminta Waspadai La Nina, Hujan Lebat, Angin Kencang Pemicu Banjir dan Longsor
Barlius, Kalaksa BPBD Kota Padang

BYPASS, METRO
Di musim penghujan ini, warga Kota Padang diminta untuk selalu waspadai banjir dan longsor. Apalagi saat ini sudah ada peringatan dari BMKG terkait fenomena La Nina dari Oktober sampai April 2021 nanti.

“Kan sudah ada peringatan dari BMKG soal La Nina ini. Makanya semua warga harus waspada terhadap banjir dan longsor serta pohon tumbang,” sebut Kalaksa BPBD Kota Padang, Barlius kemarin.

Ia menambahkan, La Nina merupakan cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang disertai angin kencang atau badai. Dampaknya adalah banjir dan longsor, pohon tumbang. Namun dalam kondisi sekarang, Barlius mengaku kategori hujan di Padang belum termasuk La Nina karena masih belum terlalu lebat.

“Kalau kita lihat sekarang hujannya masih ringan dan sedang. Kalau nanti ada hujan yang lebat betul, terus ada badai. Itu baru namanya La Nina. Potensi La Nina ini akan ada sampai April 2021 nanti,” katanya.

Dalam kondisi sekarang, sebut Barlius hujan masih turun dan merata di Kota Padang. Namun intensitasnya masih ringan dan sedang. Belum ada banjir atau longsor yang ditemui atau dilaporkan.

Namun ia kembali mengimbau pada semua warga Padang agar waspada dan tidak bepergian jika tidak penting, karena bisa berbahaya. Apalagi melewati daerah- daerah rawan. “Kalau tidak penting-penting betul, tak usahlah bepergian. Apalagi keluar kota,” tandasnya.

Dikatakannya, secara mendadak, cuaca dapat berubah-ubah. Pada pagi menjelang siang cuaca bisa panas terik. Namun ketika memasuki siang hingga jelang sore, hujan lebat bisa datang.

Bagi warga yang tinggal di perumahan rentan banjir agar menyelematkan peralatan elektroniknya dari gempuran air secara tiba-tiba. Begitu juga bagi warga yang tinggal di kawasan lereng atau tebing agar mewaspadai bencana longsor. “Alhamdulillah sampai sekarang belum ada yang longsor. Meski demikian, kita tetap mengimbau agar masyarakat waspada” pintanya.

Saat ini sebut Barlius, titik longsor banyak di Kota Padang. Seperti Bukit Gado-gado, Bukit Turki, Gunung Padang, Gates dan lokasi-lokasi lainnya. “Jadi berhati-hatilah. Waspadai hujan yabg terus menerus karena dapat menggerus tanah,” katanya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional