Menu

Warga Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

  Dibaca : 137 kali
Warga Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem
POHON TUMBANG— Cuaca ekstrem angin badai sekaligus hujan deras mengakibatkan pohon tumbang yang menghambat kelancaran arus lalu lintas di wilayah Agam.

AGAM, METRO
Cuaca beberapa hari belakangan ini cukup ekstrem, yang diwarnai dengan angin badai yang disertai dengan hujan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam mengimbau masyarakat agar mewaspadai pohon tumbang mengingat cuaca esktrem beberapa hari belakangan.

Kalaksa BPBD Agam Mhd Lutfi mengatakan, hujan dengan angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Agam. Ia mengatakan, hujan disertai angin terjadi sudah hampir sepekan ini. “Karena, sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Agam mayoritas memiliki topografi perbukitan sehingga juga rawan terjadi becana alam longsor,” ujar Lutfi.

Lutfi meminta, apabila masyarakat sedang berada di luar rumah ketika terjadi kondisi cuaca hujan lebat disertai petir agar tidak berteduh di bawah pohon. Selainitu tidak bermain telepon seluler karena dapat membahayakan keselamatan.

Sementara, cuaca ekstrem juga diwarnai dengan angina badai, tentu mengantisipasi jangan terjadi bahaya yang menimpa, maka hindari berada di dekat pohon yang rawan tumbang. Selain potensi pohon tumbang, cuaca ekstrem juga dapat memicu banjir dan longsor di daerah dataran rendah, seperti Tanjung Mutiara, Ampek Nagari dan Lubuk Basung. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional