Menu

Warga Diimbau Agar Buang Sampah di TPS

  Dibaca : 118 kali
Warga Diimbau Agar Buang Sampah di TPS
Warga Diimbau Agar Buang Sampah di TPS

BALAI BARU, METRO
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mengimbau kepada masyarakat agar membuang sampah di tempat yang telah disediakan. Imbauan tersebut diharapkan dapat dipatuhi karena masih banyak masyarakat yang membuang sampahnya tidak di tempatnya.

Kepala DLH Kota Padang, Mairizon mengatakan, pihaknya telah melakukan segala upaya untuk mengubah kebiasaan masyarakat untuk tertib menempatkan sampahnya pada kontainer atau tempat pembuangan sampah (TPS) yang telah disediakan.

Namun pada kenyataannya terang Mairizon, mengubah kebiasaan untuk tertib menempatkan sampah pada kontainer/TPS yang telah disediakan mulai pukul 5 sore sampai 5 pagi, bagi sebagian oknum masyarakat terasa amat berat sekali.

“Mereka lebih senang membuang sampah ke sungai, tanah kosong, pinggir jalan yang sepi, taman median, sehingga memunculkan TPS liar dan masalah baru,” tukas Mairizon.

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar patuh membuang sampah di tempat yang telah disediakan agar lingkungan tetap bersih dan sehat. Sebelum nya, mengantisipasi merebaknya TPS liar, DLH Kota Padang mendirikan posko pemantauan dan pengawasan K3. Salah satunya didirikan di Simpang Taruko, Kuranji.

“Di sini petugas posko memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait waktu buang sampah. Sampah boleh dibuang mulai pukul lima sore sampai pukul lima pagi,” tandas Mairizon.

Mairizon menjelaskan, apabila masih saja didapati warga yang melanggar, pihaknya tidak segan-segan untuk menindak. Warga yang kedapatan melanggar diberi sanksi berupa teguran tertulis.

“Jika masih membandel, maka Bidang Penataan dan Penegakan Hukum DLH Kota Padang akan memproses sesuai aturan Perda dan Perwako yang berlaku,” ucapnya.

Pemantauan dan pengawasan ini bertujuan agar tidak muncul lagi TPS dadakan dan liar. Mairizon berharap langkah yang dilakukannya akan dapat mengubah karakter masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan. “Mari bersama kita pertahankan Kota Padang yang bersih, indah dan nyaman. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional