Menu

Walingari Diminta Transparan Soal RAB Pembangunan

  Dibaca : 222 kali
Walingari Diminta Transparan Soal RAB Pembangunan
Walingari Diminta Transparan Soal RAB Pembangunan

SIJUNJUNG, METRO
Wali Nagari diharapkan memajang Anggaran Dana Desa, salah satunya RAB pembangunan Bangunan Nagari di kantor Walinagari. Ketua Perwakilan Bakorwil I Sumbar Komisi Pengawasan Korupsi (KPK) Tindak Pidana Korupsi Sijunjung, Wahyu D mengatakan, diminta seorang wali nagari kalau mau jujur dalam membangun maka dia wajib memajang RAB Bangunan di kantor wali nagari yang semuanya bertujuan tranpransi keapda masyarakat agar tahu apa saja yang di bangun.

“Dan untuk apa saja anggaran tersebut dibelanjakan, berikut harga satuannya. Hal itu wajib dilakukan karena dana tersebut untuk masyarakat di nagari setempat bukan dana untuk wali nagari. Bukankah wali nagari tersebut sudah digaji untuk bekerja, bukan digaji untuk merampok uang rakyat,” ujarnya.

Apalgi di zaman modern seperti ini, masyarakat dituntut untuk harus pintar, dituntut untuk berani, mana yang hak masyarakat dan mana hak wali nagari. Hak anggaran untuk wali nagari hanya sebatas gaji, kalau uang pembangunan dana desa itu adalah hak masyarakat, jangan maling ayam saja yang diadili tetapi maling uang rakyat atau masyarakat kalian hanya diam saja.

Dalam RAB pembangunan, itu harus ada mutu dan kualitas bangunan. contohnya adukan semen, maka masyarakat harus mengontrol dan sekarang dari Kementrian Perdesaan dituntut semua bangunan dana desa yaitu mutu yang diutamakan. Bagi masyarakat apabila wali nagari atau perangkat pemerintahan dalam pembangunan tidak mau memajangkan RAB bangunan maka wajib masyarakat bertanya, karena itu hak sepenuhnya masyarakat.

“ Masyarakat jangan hanya jadi penonton dalam pembangunan, pengawasan dana mulai dari dana pembangunan daerah hingga dana pembangunan desa, pengawasan yang terbaik adalah melalui peran aktif masyarakat itu sendiri,” ujarnya. (rel/ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional