Menu

Walikota Deri Asta Temui Kemenparekraf, Maksimalkan Status Berlevel Dunia

  Dibaca : 98 kali
Walikota Deri Asta Temui Kemenparekraf, Maksimalkan Status Berlevel Dunia
SERAHKAN—Walikota Sawahlunto Deri Asta didampingi anggota DPR RI asal pemilihan Sumbar Andre Rosiade menyerahkan cinderamata kepada Temui Menparekraf Sandiaga Uno.

SAWAHLUNTO, METRO
Demi upaya mendapatkan dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat, Walikota Sawahlunto Deri Asta melakukan jemput bola dengan menemui berbagai kementerian dan lembaga negara terkait. Seperti, Selasa (13/4), Walikota Deri Asta dengan fasilitasi anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade melakukan pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Sebagai kota berstatus ‘World Heritage’ dari UNESCO dan termasuk dalam kawasan Geopark nasional, pembangunan dan program pariwisata di Kota Sawahlunto sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat.

Kepada Menparekraf Sandiaga Uno, Walikota Deri Asta mengekspose bagaimana potensi pariwisata di Sawahlunto. Walikota Deri Asta memaparkan, bahwa untuk peningkatan kualitas dan kuantitas pariwisata di ‘Kota Wisata Tambang yang Berbudaya’ ini memerlukan kebijakan, program dan tentu saja anggaran besar yang tidak dapat di-cover dengan APBD kota. Maka itu sangat besar harapan untuk Kemenparekraf dapat turun tangan membantu Kota Sawahlunto.

“Jadi kita mengundang Menparekraf Sandiaga Uno untuk berkunjung langsung ke Sawahlunto meninjau langsung kondisi kita. Dari kunjungan itu nanti, tentu Sandiaga dan jajaran Kemenparekraf dapat merumuskan untuk memberikan dukungan dan bantuan seperti apa bagi peningkatan pariwisata Sawahlunto,” sebut Deri Asta.

Diharapkan Walikota, dengan dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat, maka status ‘World Heritage’ yang telah diperoleh dari UNESCO benar – benar dapat dimaksimalkan dan dikelola peluangnya. Sehingga status berlevel dunia itu membawa manfaat bagi Kota Sawahlunto dan masyarakatnya.

Menanggapi ekspose dan usulan dari Pemko Sawahlunto tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno menyambut positif dan berjanji untuk menjadwalkan kunjungannya ke Sumatera Barat, termasuk Kota Sawahlunto.

“Pandemi ini akan mengubah peta sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya juga akan menyempatkan diri berkunjung ke Sumatera Barat,” ujar Sandiaga, seperti dikutip dari portal berita padek.co.

Sementara, anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade yang memfasilitasi pertemuan Walikota dan Bupati se – Sumbar dengan Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa pertemuan tersebut bertujuan untuk menjalin sinergi Pemerintah Daerah di Sumbar dengan pemerintah pusat.

“Pada intinya kami ingin ada harmonisasi program dan kebijakan pembangunan antara pusat dan daerah agar terjadi percepatan pembangunan di Sumbar,” kata Andre. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional