Menu

Wali Nagari Tanggapi Pilkada 2020

  Dibaca : 45 kali
Wali Nagari Tanggapi Pilkada 2020
Darmawan Darwis

PADANGPARIAMAN, METRO – Menghadapi pemilihan kepala daerah Kabupaten Padangpariaman yang sudah berada dipintu gerbang, tepatnya akan berlangsung pada tahun 2020 mendatang, tak urung ditanggapi oleh Walinagari Limpato Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padangpariaman. Terkait hal itu pihaknya tak urung mengingatkan perlunya komitmen yang jelas antara calon kepala daerah dengan jajaran walinagari yang ada di Kabupaten Padangpariaman.

“Karena ke depannya kita tentunya tidak menginginkan agar walinagari hanya sekadar dijadikan sebagai kuda palajang bukik. Pasalnya hampir setiap pilkada para walinagari biasanya cenderung dirangkul oleh para calon untuk mendapatkan dukungan yang maksimal,” terang Darmawan Darwis, kemarin .

Walai bagaimanapun sebut Darmawan Darwis, tentunya tidak bisa dipungkiri jika peran walinagari sangat sentral sekali sebagai garda terdepan sebagai penguasa di sebuah nagari. Karena itulah sebagai seorang walinagari dia juga tentunya sangat memahami bagaimana kondisi kehidupan yang dihadapi dan dibutuhkan oleh masyarakat yang ada di nagari.

Ditegaskan Ketua Forum Walinagari VII Koto Lamo ini, salah satu problem yang dihadapi oleh masyarakat di nagari-nagari dewasa ini, terutama masih belum meratanya pola pembagian kue pembangunan.

“Karena seperti diketahui, selama ini yang lebih dominan itukan adalah program pokir atau pokok pikiran anggota dewan, sehingga bagi daerah yang tidak memiliki keterwakilan otomatis tidak bisa berharap terlalu banyak. Lain halnya bagi daerah atau nagari yang memilik wakil di DPRD,” terangnya.

Padahal , setiap program pembangunan itu mestinya harus ada pemerataan. Baik itu di daerah yang memiliki keterwakilan anggota dewan atau pun tidak.

“Jadi ke depannya di sinilah harusnya peran sentral dari seorang kepala daerah untuk bisa mewujudkan pola pemerataan pembangunan di tiap-tiap daerah dan nagari yang ada, sehingga bagi daerah yang tidak mendapatkan jatah pokir misalnya, itu bisa ditindaklanjuti melalui program pemerintah daerah,” tegasnya.

Maka dari itulah lanjutnya, untuk ke depannya pihaknya dari jajaran pemerintahan nagari yang ada di Kabupaten Padangpariaman terus meningkatkan koordinasi antara satu sama lain. Prinsipnya bagaimana agar calon kepala daerah yang akan muncul ke depannya bisa lebih memperhatikan dan memahami keluh kesah masyarakat yang ada di nagari, sekaligus nantinya bisa mengejawantahkannya dalam program pembangunan untuk lima tahun ke depan.

“Jadi siapa pun nantinya yang akan maju sebagai calon bupati dan wakil bupati Padangpariaman ke depan, yang terpenting tentunya dia harus bisa memahami keinginan dan harapan masyarakat nagari, sekaligus memiliki komitmen yang kuat untuk membangun dan memperhatikan kelangsungan pembangunan yang ada di nagari-nari. Tentunya sifatnya harus ada pemerataan di segala bidang,” terangnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional