Close

Wali Nagari Padang Pariaman Dibekali Pelayanan Hukum

SAMBUTAN— Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur saat berikan sambutam pembukaan kegiatan Pelayanan Hukum di Kejaksaan Negeri Pariaman.

PDG. PARIAMAN, METRO–Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur membuka sekaligus keynote speaker acara pelayanan hukum terhadap Walinagari Se- Kabupaten Padang Pariaman terkait penggunaan dana desa, di Kejaksaan Negeri Pariaman, Rabu (22/9).

 Suhatri Bur menyampiakan, penggunaan dana yang masuk ke nagari dilaksanakan dengan fungsi kontrol dan tidak berdampak hukum. Saat ini sudah aplikasi yang menampung pengaduan masyarakat dan langsung ditindaklanjuti.

 Ia berharap sebanyak 103 Walinagari di Padang Pariaman kedepan bisa melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan regulasi yang ada. Tentunya program yang dilaksanakan betul-betul mengedepankan masyarakat. “Diminta transparansi walinagari dalam melaksanakan kegiatan agar masyarakat juga bisa melaksanakan fungsi kontrolnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri Pariaman Vivi Nila Sari menyampaikan, melanjutkan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman,  pihaknya memberikan pelayanan hukum terhadap penggunaan dana desa kepada walinagari se Kabupaten Padang Pariaman.

“Sebelumnya kami meminta DPMD Kabupaten Padang Pariaman agar semua walinagari yang SDM nya belum mencukupi, maka dari itu dilakukan pelayanan hukum,” ujarnya.

Ia mengatakan, setelah pelayanan hukum ini dilaksanakan, bagi nagari yang meminta untuk didampingi, silahkan untuk menyuratinya. “Kami punya moto yaitu mencegah sebelum menindak,” kata Vivi.

 Disampaikan Vivi, sejauh ini banyak nagari di Padang Pariaman yang melakukan dugaan pe­nyimpangan dana terhadap BUMDes terkait tidak lengkapnya administrasi yang dimilikinya. Maka dari itu nanti itu yang akan diperbaiki kedepannya agar penggunaan dana desa tepat sasaran. (ozi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top