Close

Wali Nagari Diminta Siapkan Rencana Kerja di Padangpariaman

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat, terutama Panitia Pemilihan Wali Nagari dan Badan Musyawarah Nagari, yang telah menyukseskan pelaksanaan pemilihan Wali Nagari serentak tahun 2021.

PADANGPARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat, terutama Panitia Pemilihan Wali Nagari dan Badan Musyawarah Nagari, yang telah menyukseskan pelaksanaan pemilihan Wali Nagari serentak tahun 2021.

“Jumlah Nagari yang melakukan Pilwana serentak tahun 2021 ini sebanyak  29  Nagari yang tersebar pada 14 (empat belas) Kecamatan dengan motto dari penyelenggaraan pilwana serentak tahun 2021 ini adalah “BAKAMPUANG BADUNSANAK,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Katanya, dimana pada kesempatan ini, dilantik sebanyak 28 (dua puluh delapan) Wali Nagari, hal ini dikarenakan satu Wali Nagari yaitu Nagari Sunur masa jabatan Wali Nagari sebelumnya masih ada sampai dengan tanggal 22 Desember 2021. Sehingga Wali Nagari Sunur terpilih masa jabatan 2021-2027 akan dilantik khusus, setelah berakhirnya masa jabatan Wali Nagari sebelumnya.

Dikatakan,  Pemerintahan Nagari dipimpin dan dikoordinir oleh seorang pimpinan yang kita sebut dengan Wali Nagari.

Wali Nagari ini merupakan perpanjangan tangan Bupati dan Wakil Bupati, dalam rangka mensejah­terakan masyarakat.

Hal ini tanpa mengesampingkan unsur lainnya seperti ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya. Maka dari itu, saya mengajak kepada kita semua. Terutama pada Wali Nagari terpilih beserta jajarannya, untuk bekerja sungguh-sungguh, ikhlas dan rela mengab­dikan dirinya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. “Untuk mewujudkan hal dimaksud, diminta kepada saudara agar segera mempersiapkan dokumen perencanaan Nagari, sesuai jadwal yaitu RPJM Nagari paling lambat akhir Maret 2022 (tiga bulan setelah pelantikan),” ujarnya.

Terkait dengan penyusunan dokumen RPJM nagari, hal yang harus menjadi perhatian saudara. Yakninya keseimbangan antara kegiatan pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan fisik, pengembangan ekonomi produktif melalui penetapan dan pengem­bangan produk unggulan nagari (one village one product), pembentukan BUMNag dan pengembangan usaha bumnag untuk mendukung pengembangan produk unggulan Nagari.

Kegiatan produktif katanya, yang berdampak pada peningkatan pendapatan asli Nagari, yang dalam jangka panjang berdampak pada kemandirian Nagari dalam sektor keuangan, serta optimalisasi semua potensi. Baik Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam. Termasuk pemanfaatan potensi perantau pada masing-masing Nagari.

“Selanjutnya, mengingat kita masih dalam masa pandemi Covid-19, dimana PR terbesar kita saat ini adalah mengejar target vaksinasi Covid-19. Harapan saya kepada kita semua khususnya Wali Nagari yang baru dilantik. Yaitu bagaimana kita bersama-sama, bahu membahu dan saling mendukung untuk me­ngajak masyarakat atau kelompok sasaran yang belum divaksin, agar dapat segera dilakukan vaksinasi,” tandas Bupati mengakhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top