Menu

Wali Nagari di Agam Dibekali Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata

  Dibaca : 99 kali
Wali Nagari di Agam Dibekali Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata
PELATIHAN— Pemkab Agam menggelar pelatihan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata untuk wali ngari.

AGAM, METRO–Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Agam melalui Dinas Pari­wisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggelar pela­tihan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata di Hotel Truntum Padang, Rabu (25/8).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Bupati Agam Dr H Andri Warman dan dihadiri Kadis Pariwisata Provinsi Sum­bar, Novrial, selaku narasumber, dan lainnya.

Kepala Disparpora Agam Syatria mengatakan, pelatihan tersebut diikuti 40 peserta, yang diselenggarakan 25-27 Agustus 2021 mendatang. “Dari 40 pe­serta itu terdiri dari 31 wali nagari, 6 orang dari dinas atau badan dan 3 orang dari asosiasi pariwisata,” ujar Syatria.

Dikatakan Syatria, tujuan kegiatan tersebut untuk mem­berikan pemahaman dan me­ningkatkan pengetahuan, ke­mampuan para pengelola daya tarik wisata, desa wisata dan destinasi pariwisata lainnya. Kemudian, dalam melakukan tata kelola, bisnis dan pema­saran destinasi pariwisata.

“Diharapkan, setelah pela­tihan ini, peserta dapat me­lahirkan rencana aksi di wi­layahnya masing-masing, yang dapat kita tindak lanjuti bersama-sama. Dan kepada dinas-dinas terkait dapat mendampingi wali nagari dalam pelaksanaan ren­cana aksinya tersebut,” harap Syatria.

Sementara itu, Bupati Agam, Dr H Andri Warman mengung­kapkan, rasa bangga dan me­nga­presiasi kegiatan tersebut. “Karena pada pelatihan kali ini, melibatkan unsur OPD, wali nagari dan ketua asosiasi pari­wisata. Ini menunjukkan pe­latihan ini sangat penting. Ka­rena lebih mengemukakan as­pek kontribusi dari berbagai pihak, berupa pen­dampingan, koor­dinasi dan sin­kronisasi,” ujar Andri.

Dijelaskan Andri, jika masing-masing pihak paham dengan perannya masing- masing, maka akan muncul pola pengelolaan yang efektif, kolaboratif, yang dapat memberikan dampak po­sitif kepada masyarakat.

“Kita berharap setelah pe­latihan ini, dapat terbentuk ko­munikasi yang baik antar pelaku pariwisata, sehingga mengha­silkan ide-ide kreatif, untuk meningkatkan perbaikan pe­ngelolaan pariwisata di Kabu­paten Agam kedepannya,” ha­rap Andri. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional