Close

Wali Kota Solok Zul Elfian Raih Nirwasita Tantra 2021, Dinilai Sebagai Pelopor, Mampu Menjaga Lingkungan

BERSAMA— Wali Kota Solok Zul Elfian turut didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Zulkifli,SP, dan Jajaran, Kepala Bagian Umum Zulfadrim,SS,M.Sc dan Pranata Humas Ahli Muda Yopi Permana,S.STP,M.Si,bersama penghargaan diraih.

Wali Kota Solok, Zul Elfian dinilai sebagai pe­mimpin yang bisa menjadi pelopor dan mampu menjaga ling­kungan. Setidaknya penghargaan Nirwasita Tantra 2021 yang diterima dari Kementerian Lingkungan Hi­dup dan Kehutanan (KLHK) RI yang diraih Kota Solok sedikit menggambarkan upaya dan komitmen yang ditunjukan Zul Elfian melalui kebijakan yang dilahirkan.

Dan beberapa kebijakan yang dilahirkan Pemko Solok memang diharapkan mampu menjawab segala permasalahan lingkungan hidup dengan solusi yang tepat berdasarkan ketentuan hukum yang dipadukan dengan kearifan lokal serta sinergi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Beberapa upaya yang telah dilakukan Pemko Solok dalam menjaga kelestarian lingkungan setidaknya melahirkan kebijakan terkait pe­nyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) serta mendorong warga untuk melakukan penghijauan dengan memanfaatkan pekarangan rumah guna terjaganya iklim di Kota Solok.

“Penghargaan ini bukan hanya kami pertahankan ke depannya. Tetapi juga akan kami tingkatkan agar kualitas lingkungan hidup di Kota Solok semakin baik.­ Utamanya terkait air, sungai, sampah, polusi, akan kami perhatikan. Pengharga­an ini juga menjadi pemicu dan pemacu semangat da­lam melestarikan ling­kungan,” ungkap Zul Elfian terkait penghargaan yang diterimanya

Zul Elfian juga mengobarkan semangat kepada semua pihak untuk berkomitmen da­lam menjaga lingkungan. Kendati Kota Solok dipadati dengan kendaraan karena letaknya disimpul lalulintas nyatanya kualitas udara masih terbilang baik.

Sebetulnya menurut Zul Elfian, menjaga kualitas uda­ra yang baik ini juga ada cam­pur tangan dari ma­syarakat. Dimana, mereka secara mandiri dan penuh kesadaran menciptakan inovasi untuk lingkungan.  “Un­­tuk diketahui, Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari KLHK yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya da­lam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja, sesuai dengan prinsip metodologi pem­­bangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah,’ jelasnya .

Adapun, Kota Solok me­raih penghargaan Nirwasita Tantra kategori kota kecil. Penghargaan ini diterima langsung oleh Wali Kota Solok Zul Elfian pada tanggal 20 Juli 2022 bertempat di Gedung Manggala Wana Bakti di Jakarta.

Zul Elfian turut di­dampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Zulkifli,SP, dan Jajaran, Kepala Bagian Umum Zulfa­drim,­SS,M.Sc dan Pranata Hu­mas Ahli Muda Yopi Per­mana,­S.­STP,M.Si.  Peng­­har­gaan ini di­raih setelah me­lalui hasil penilaian dari Dokumen Infor­ma­­si Kinerja Pe­nge­lolaan Ling­kungan Hidup Daerah (DIKPLHD).

Bagi Zul Elfian penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas eksistensi Pemerintah Daerah dalam me­lak­sanakan pembangunan yang hijau dan berwawasan lingkungan. Dan sampai kapanpun pemerintah daerah Kota Solok tetap akan menjaga komitmen ini.

Jauh harapan Zul Elfian dimana dimasa yang akan datang Kota Solok akan menjadi kota dengan ekosistem ramah lingkungan dan sebaliknya lingkungan yang mampu memberikan dampak positif pada segala aspek kehidupan masya­rakatnya.  “Penghargaan ini tentunya juga menjadi semangat baru lagi bagi kami bersama jajaran agar selalu berinovasi dan bekerja lebih baik lagi kedepannya dan tentunya ini semua ti­dak terlepas atas dukungan DPRD dan masyarakat Kota Solok,” jelasnya.

Seperti diungkapkan Wa­kil Menteri KLHK, Dr. Ale Dohong penghargaan ini merupakan penghargaan rutin yang diberikan setiap tahunnya sebagai motivasi bagi Pemerintah Daerah da­lam mengambil kebijakan kebij­akan yang dapat menjaga keberlangsungan ling­kungan hidup.  Penghargaan ini sekaligus jawaban atas siapa pemimpin yang bisa menjadi pelopor yang mampu menjaga lingkungan, menjawab segala permasa­lahan lingkungan hidup dengan solusi yang tepat berdasarkan ketentuan hukum yang dipadukan dengan kearifan lo­kal serta sinergi dengan peningkatan kesejahteraan ma­sya­rakatnya” ujarnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top