Menu

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Payakumbuh sebagai Kota Randang

  Dibaca : 599 kali
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Payakumbuh sebagai Kota Randang
Forkopimda dan anggota DPRD mengikuti paripurna HUT Kota Payakumbuh.

Menariknya, Wali Kota Riza Falepi, Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Sekda Rida Ananda, dan seluruh kepala OPD mengikuti rapat mengenakan, baju dengan bahan dari produk Tenun Balai Panjang Payakumbuh. Payakumbuh sebagai Kota Randang, kota yang rancak dan terpandang. Riza Falepi dalam pidato HUT Payakumbuh mengatakan, arti dari bertambahnya usia Payakumbuh kali ini sebagai mile stone atau batu penanda perjalanan setengah abadnya, itu bukanlah waktu sebentar. Silih berganti pemerintahannya sebagai bentuk pengbadian untuk pembangunan kota.

“Payakumbuh lahir, saya juga baru lahir, meski amanah sebagai pemimpin itu berat, namun harus dijalankan. Mari kita sambut hari ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah serta ungkapan terimakasih kepada pejuang pendahulu atas berdirinya kota ini. Kami juga mengapresiasi wali kota dan wakil wali kota periode pertama sampai periode sebelum kami yang telah berjasa membimbing masyarakat sampai saat ini,” kata Riza.

Riza menceritakan bagaimana sejarah Payakumbuh dari sejak masih menjadi bagian pemerintahan Luhak Limopuluah hingga sampai menjadi sebuah kota secara administratif. Riza ingin menjadikan Payakumbuh sejajar dengan kota maju, dirinya terus mengerahkan effort dan usaha lebih besar, akselerasi cepat dan kesungguhan kuat dengan rencana program yang baik, serta berusaha efektif dan efisien menggunakan anggaran.

“Kita turut memastikan pemerintah hadir sebagai pelayan terbaik bagi masyarakat. Capaian-capaian yang telah ada ini secara statistik dan angka sudah menggembirakan. Namun, yang sampai saat ini mengganjal adalah PR ke depan bagi wali kota selanjutnya menghadirkan sumber pertumbuhan dan daya saing yang lebih tinggi. Dan menghadirkan kemakmuran. Jangan biarkan kota ini auto pilot dan tidak menghadirkan pertumbuhan yang berkualitas,” tegas Riza.

Walikota dua periode ini menegaskan Payakumbuh butuh industri yang bisa meningkatkan perekonomian. Dalam hal ini dibutuhkan peran kepala daerah, DPRD, akademisi dan komponen masyarakat bersama perangkat daerah mewujudkannya. “Kemajuan kota harus dilihat sebagai suatu dukungan yang muncul dari berbagai hal. Seperti perguruan tinggi, sumber industri dan penataan kota yang baik, karena kota ini tidak memiliki hasil tambang guna meningkatkan pendapatan asli daerahnya,” kata Riza.

Riza memaparkan, beberapa inovasi langkah strategis bagi Kota Payakumbuh, seperti hadirnya Mal Pelayanan Publik Kota Payakumbuh, menggeliatnya sentra IKM, membangun pusat ekonomi dan sosial yang baru, mendapatkan sumber pendanaan lain dari APBN dan memastikan mandatory spending yang diamanahkan pemerintah pusat, di mana goverment spanding lebih optimal dalam mendorong bergeraknya roda ekonomi yang pada gilirannya secara akumulasi dari tahun ke tahun mampu menopang serta menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi.

Gubernur Apresiasi
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno diwakili Asisten III Sekdaprov, Beni Warlis sampaikan ucapan selamat hari jadi Kota Payakumbuh semoga menjadi negeri yang sejahtera. Menurut Beni, yang juga mantan Sekdako Payakumbuh ini menyebut HUT Emas ke-50 tahun Kota Payakumbuh harus menjadi momentum yang penting dalam mensejahterakan masyarakat kota Payakumbuh kedepan.

Selain itu, sebut Putra Agam ini juga harus mengintrospeksi berbagai kegiatan yang sudah dan akan dilakukan dimasa yang akan datang. “Mari Kita evakuasi bersama tidak hanya Pemerintah, DPRD, tetapi juga masyrakat. Kota Payakumbuh sudah berada dijalan yang tepat, dengan torehan berbagai prestasi baik ditingkat regional maupun nasional,” sebut Beni.

Dikatakan, pemulihan sektor ekonomi, pendidikan, pariwisata dan Perdagangan harus menjadi perhatian serius di tengah pendemi Covid-19. “Kami apresiasi dinergi Pemko dan DPRD, Forkopimda, Niniak mamak, Alim ulama, cadiak pandai dan bundo kandung. Jangan ada kepentingan lain selain kepentingan masyarakat,” sebutnya. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional