Menu

Wali Kota Padang Lantik 2 Direksi Perumda PSM, Terus Berbenah, Berusaha Maksimal untuk Berkembang

  Dibaca : 189 kali
Wali Kota Padang Lantik 2 Direksi Perumda PSM, Terus Berbenah, Berusaha Maksimal untuk Berkembang
Direktur Utama Perumda PSM Padang, Poppy Irawan,SIP, MA, IR bersama Direktur Umum, Ilham Ulta Perkasa serta Direktur Usaha, Rico Rahmadian Albert.

Perusahaan Umum Da­erah Padang Sejahtera Mandiri (Perumda PSM) adalah Peru­sahaan Umum Milik Daerah (BUMD) Kota Padang yang di­dirikan melalui Peraturan Da­erah (Perda) Kota Padang Nomor 10 tahun 2014.  Unit usaha di Pe­rumda PSM yaitu, usaha Semen, pari­wisata, perparkiran, dan tran­sportasi Trans Padang. Perumda PSM resmi memiliki  Direktur Umum  yang baru dijabat oleh Ilham Ulta Perkasa, serta Direktur Usaha dijabat oleh Rico Rah­madian Albert. Keduanya telah dilantik oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa, Rabu (4/8)  di Rumah Dinas Wali Kota Padang.

Direktur Utama, Poppy Ira­wan, SIP, MA, IR mengatakan Perumda PSM bersyukur proses di dalam BUMD  ini secara berkesinam­bungan dipenuhi semuanya. Hal ini ditentukan oleh banyak aspek. Ada aspek bisnis, regulasi dan aspek organisasi. Terkait aspek regulasi, penting diingat, Perumda PSM ini peru­sahaan milik Kota Padang 100 persen yang notabene milik warga Kota Padang.

Lahirnya PSM melalui Perda Nomor 10 tahun 2014 , kemudian muncul Peraturan Daerah (Per­da) Nomor 7 tahun 2017 Kota Padang tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kota Padang pada Perumda PSM.

Bidang usaha yang dimodali yakni, pengelolaan parkir dan distributor semen. Pernyataan modal sebesar Rp5 miliar juga ada amanat yang dititipkan oleh warga melalui DPRD Kota Pa­dang. Bahwasanya Perumda PSM wajib merealisasikan dua bidang usaha sebagai tindak lanjut kerjasama Pemko Padang dengan pihak PT Semen Padang terkait peralihan lahan sebesar 412 hektar. “Terkait hal itu, kita juga berusahamerealisasikannya dan faktanya secara legal. Kebe­radaan PSM selaku perusahaan terus berbenah, berkembang, berusaha semaksimal mungkin dengan ikhtiar yang ada,’ ungkap­nya.

Di tahun 2019 Perumda PSM baru  bisa realisasikan unit usaha parkir. Tahun 2020 telah merealisasikan distributor semen, bisnis  pengelolaan Objek Wisata Pantai Air Manis. Juga ada pengelolaan Trans Padang.

Perumda PSM saat ini me­miliki karyawan sekitar 200 orang yang memperkuat  empat lini usaha. Tentu PSM hari ini tan­tangan­nya juga berbeda. Pada tahun 2021 PSM harus mengan­tarkan dan memberikan jawaban kepada publik, apa fungsi, peran dan layanan harus dipenuhi oleh PSM terhadap warga Kota Pa­dang.“Dalam kontek ini kami bersyukur dengan perkem­ba­ngan perusahaan,” ungkapnya.

Selain itu juga bersyukur dengan telah dilantiknya Di­rektur Umum dan Di­rektur Usa­ha Perumda PSM. Dirinyaberharap dan akan se­maksimalkan mung­kin merealisasikan keinginan dari warga Kota Padang, keinginan dari stakeholder  PSM. Khu­susnya kepada pemilik modal yaitu wali kota, kemudian warga untuk mejawab tantangan ini.

Tantangannya yakni, per­tama, memaksimalkan kontribusi PSM terhadap pendapatan Asli Daerah (PAD). Alhamdulillah, sejak tahun 2020 – 2021 Perumda PSM me­nga­lami peningkatan terhadap kontribusi PAD.

Kedua, pembenahan internal perusahaan dan melakukan inovasi – inovasi. Sebagaimana yang disampaikan Wali Kota Padang, perusahaan ini harus bisa berperan ganda. Di satu sisi menciptakan PAD dan sisi lain juga harus  mengembangkan perusahaan tanpa harus selalu menyusu kepada APBD.

Dengan ke­ha­diran dua na­ma direksi yang sudah lengkap ini, untuk per­ta­nyaan aspek kelembagaan, regulasi, normatif sudah terjawab. Sekarang, jajaran direksi fokus kepada bisnis untuk kelangsungan perusahaan. Bisnis untuk warga dan bisnis untuk kontrubusi PAD. “Dengan momen Ulang Tahun ke-352 Kota Padang, kami tentu berharap menjadi bagian visi misi Kota Padang,” harapnya.

Tema HUT Kota Padang tahun ini, Tangguh Unggul dan Berdaya Saing Membangun Kota. “Artinya kami bahu mem­bahu merea­lisasikan visi misi Kota Padang. Insya Allah untuk usaha Trans Padang, Koridor V Pasar Raya – Indarung dan Koridor VI Pa­sar Raya – Limau Manis tahun ini kita realisasikan di bulan Desember,” ungkapnya.

Ketua Dewan Pengawas Pe­rumda PSM, Dr.Zulheman ST, M.Sc mengatakan, dengan telah leng­kapnya Direksi Pe­rumda PSM,­tentu pihaknya me­nga­wasi  dan me­nga­rah­kan. De­ngan empat unit usaha ini, dirinya berharap direksi bekerja sebaik–baiknya, kompak untuk mengembangkan perusahaan. “Secara internal SDM-nya diting­katkan sesuai potensi yang ada. Target–target direalisasikan. Perum­da PSM ini ada pelayanan dan ada keuntungan yang harus didapatkan. Tidak boleh rugi. Kami dari pengawas berharap satu tahun ini sudah menampakan hasil yang positif. Kita diskusikan bagaimana pencapaian targetnya.(**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional