Close

Wali Kota Dukung Latihan Randai Muarokalaban, Langkah Strategis Tanamkan Nilai-nilai Tradisi

LATIHAN— Wali Kota Sawahlunto Deri Asta memotivasi grup randai seni tradisional Muarakalaban saat melaksanakan latihan.

SAWAHLUNTO, METRO
Walikota Sawahlunto Deri Asta menghadiri pelatihan seni tradisional randai di Muarokalaban Kecamatan Silungkang Sawahlunto, Sabtu malam (27/3). Walau kondisi pandemi masih berjalan, namun berbagai kegiatan aktivitas tentunya sudah perlu pula kembali digiatkan di Kota Sawahlunto. Baik itu olahraga maupun kegiatan yang bersifat seni budaya.

“Kita sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan seni tradisi dari grup randai anak-anak dan remaja Desa Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto yang kembali giat berlatih dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan Covid-19,” ucap Deri.

Dikatakan Deri, di saat gencarnya masuk pengaruh dari budaya luar karena keterbukaan informasi dan kecanggihan teknologi internet, kegiatan dalam bentuk melestarikan budaya asli daerah, tentunya menjadi begitu penting. “Dan hal ini merupakan langkah strategis dalam menanamkan kembali nilai-nilai budaya lokal. Sehingga nilai nilai seni tradisi kita tetap diwarisi agar di kemduian hari tetap lestari,” urai Deri Asta dalam sambutannya.

Menurut Deri, seni tradisi randai cukup banyak dampak positif yang didapatkan. Karenanya, kegiatan budaya seperti ini tentunya perlu didukung dan terus didorong. Sehingga dapat pula berjalan kembali seperti sediakala, begitupun di tempat lain yang ada di Kota Sawahlunto. Sehingga seni tradisi tidak tergerus oleh perkembangan zaman, apalagi di era sekarang berbagai pengaruh global begitu banyak masuk mempengaruhi generasi muda. “Tapi dengan tetap mewarisi dan melestarikan nilai-nilai seni tradisi seperti permainan anak nagari ini merupakan jati diri anak nagari Minang khususnya di Sawahlunto,” ujar Deri. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top