Close

Wali Kota Bukittinggi dan Forkopimda Ikuti Peringatan Hari Pancasila,Waspadai Rivalitas Antar Ideologi

HARI PANCASILA—Wali Kota Bukittinggi Erman Safar bersama Forkopimda mengikuti upacara peringatan Hari Pancasila secara virtual dengan Presiden Jokowi.

BUKITTINGGI, METRO–Walikota Bukittinggi H Erman Safar  SH bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (For­kopimda) serta Sekda dan Asisten Setda Pemko Bu­kittinggi mengikuti upa­cara peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 secara virtual di Bukittinggi Command Center (BCC) Kantor Balaikota, Selasa (1/6).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipusatkan di Halaman Gedung Pancasila Ke­menterian Luar Negeri tersebut mengusung te­ma “Pancasila dalam Tidakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”, bertindak se­bagai inspektur upacara Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

.Presiden RI Jokowi menyampaikan,  peri­nga­tan hari lahir Pancasila di setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam ber­ma­syarakat dalam ber­bang­sa dan bernegara walau­pun Pancasila telah me­nya­tu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri.

Namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidak­lah semakin ringan glo­balisasi dan interaksi an­tar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan, .”Yang ha­rus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antara pan­da­ngan rivalitas antara nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi, ideologi trans­nasional cenderung se­makin meningkat mema­suki berbagai lini kehi­dupan masyarakat de­ngan berbagai cara dan berbagai strategi” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi me­ngajak masyarakat untuk menjadikan Pancasila se­bagai pondasi dalam me­ngembangkan ilmu pe­nge­tahuan dan tekhnologi yang berkeIndonesiaan.

.”Saudara-saudara se­bangsa dan setanah air menghadapi semua ini perluasan dan pen­da­la­man nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan de­ngan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa. Meman­faatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revo­lusi industri 4.0. dan se­kaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pe­nge­tahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan,” ungkap Jokowi.

Kemudian Jokowi me­ngajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh aga­ma, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum pro­fesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan ber­gerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang dicita-citakan.

“Selamat mem­peri­nga­ti hari lahir Pancasila. Se­lamat membumikan Pan­ca­sila dalam kehidupan ber­ma­syarakat, ber­bang­sa, dan bernegara,” ujar Joko­wi.

Usai mengikuti upa­cara virtual, Walikota Er­man Safar mengucapkan Selamat Hari lahir Pa­n­casila dan mengajak wa­r­ga untuk selalu me­nga­malkan Panca­sila.”pe­ringatan hari lahir Pan­casila harus dimaknai sebagai pegangan kehi­dupan berbangsa dan ber­negara, sesuai dengan nilai – nilai Pancasila,” ungkapnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top