Menu

Wako Solok Hadiri Peluncuran e-Perda, Maksimalkan Pengawasan Melalui Online

  Dibaca : 99 kali
Wako Solok Hadiri Peluncuran e-Perda, Maksimalkan Pengawasan Melalui Online
IKUTI LAUNCHNG—Wali Kota Solok Zul Elfian saat mengikuti launching e-Perda Kabupaten dan Kota se-Provinsi Sumbar di Auditorium Gubernuran Sumbar.

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok Zul El­fian mengatakan, Pemerin­tah Kota (Pemko) Solok me­nyambut baik e-Perda da­lam upaya pengawasan Per­da kabupaten dan kota se-Provinsi Sumbar. “Kita sangat menyambut baik telah dilaunchingnya e-Per­da sebagai layanan berbasis digital yang digu­na­kan oleh pemerintah untuk me­mak­simalkan pe­la­yanan dan pengawasan melalui on­line,” ujar Zul Elfian.

Dengan e Perda lanjut­nya proses penyusunan Perda bisa berjalan lebih efisien. Disamping itu, me­lalui aplikasi ini akan dapat membantu publik menge­tahui proses penyusunan Perda.

Wali Kota Solok H Zul Elfian Umar  bersama Wali Kota dan Bupati se-Sumbar menghadiri launching apli­kasi e-Perda Kabupaten dan Kota se-Provinsi Sum­bar yang diluncurkan lang­sung Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri Dr  Ak­mal Malik didampingi Wa­kil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy di Auditorium Gu­bernur Sumbar.

Sementara itu dalam acara launching tersebut, Dirjen Otonomi Daerah pada Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik me­ngatakan, aplikasi e-Perda diluncurkan sebagai ama­nat Undang-Undang (UU) No­mor 14 /2008 tentang Keter­bukaan Informasi Publik. Undang Undang tersebut mengamanatkan adanya bentuk keterbu­kaan infor­masi publik da­lam pelaya­nan kepada ma­syarakat secara efektif dan efisien.

Sehingga dapat mem­be­rikan kesempatan bagi partisipasi masyarakat ser­ta mendorong tercip­ta­nya ‘clean and good governance’. Menurutnya, aplika­di e-Perda ini juga sebagai wujud implementasi ama­nat Permendagri No.70/2019 tentang Sistem Infor­masi Pemerintahan Dae­rah. Sistem e-Perda meru­pakan suatu bagian dari SIPD yang memberikan data dan informasi dalam suatu pro­ses pembentukan Perda dan Perkada yaitu melalui konsultasi dan fa­silitasi.

“Aplikasi ini menjadi instrumen yang digunakan agar publik mengetahui proses penyusunan Perda, hingga bisa berjalan lebih efektif, cepat dan akunta­bel, dan memberikan ruang kepada media untuk meli­hat isi dari regulasi yang dibuat Perda, baik provinsi maupun kabupaten dan kota,” jelas Zul Elfian.

Harapan lain, layanan berbasis teknologi itu da­pat membuat rancangan produk hukum daerah lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan serta minim penyimpangan. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional