Close

Wako Solok Hadiri ISCFE 2021, Ajang Bertukar Informasi dan Gagasan Soal Smart City

Wali Kota Solok Zul Elfian.

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok Zul Elfian menghadiri Event Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021, yang dilaksanakan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Menyikapi kegiatan tersebut Zul Elfian mengatakan, dalam kegiatan ini disampaikan mengenai perkembangan program Kota Cerdas (S­mart City) di setiap kabupaten dan kota.Termasuk penanganan Covid-19 di Indonesia yang terus mem­baik.

“Kita terus bersama dalam mengatasi pandemi ini dengan memperkuat koordinasi dan ikatan yang tidak lepas di antara Apa­ratur Sipil Negara (ASN) di seluruh di Indonesia,” ujar Zul Elfian.

Zul Elfian berharap, Apeksi kali ini sebagai ajang bertukar informasi serta gagasan dari setiap pemimpin daerah. Khususnya mengenai perkem­bangan program Smart City yang selama ini telah dilakukan.

Menurutnya ada bebe­rapa langkah yang dilakukan pemerintah daerah dalam menerapkan smart city di Kota Solok Serambi Madinah itu.  “Yaitu implementasi di bidang ekonomi dengan memberdayakan Usaha Mikro Kecil Mene­ngah (UMKM). Bidang sosial, dimana diwujudkan melalui pelayanan pendi­dikan dan kesehatan. Bi­dang lingkungan hidup, melalui layanan pengelolaan lingkungan yang bersih dan sehat,” jelas Zul El­fian.

Lalu, juga dilakukan penerapan E-government atau pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Serta menghadirkan i­novasi yang mendukung Kota Solok sebagai kota pintar atau smart city,” kata Walikota Solok dua periode itu.

Diakui Zul Elfian, bahwa Smart City adalah sebuah konsep kota pintar yang membantu masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada dengan efisien.

”Tujuan utama dari pem­bangunan sebuah (Smart City) adalah bagaimana kita melestarikan lingkungan, meningkatkan daya saing ekonomi dan membangun masyarakat modern yang madani dengan saling berhubungan antar-sistem dan terpadu untuk semua lapisan masya­rakat dan antar-lembaga pemerintahan,” kata Zul Elfian.

Dalam kegiatan itu, Zul Elfian Umar berkesempatan sharing gagasan ber­bagai inovasi dengan Wali Kota lainnya dalam kaitannya dengan konsep Smart City. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top